Pengecoran Jalan Beton

Pengecoran Jalan Beton sekilas memang terkesan mudah. Namun bila salah melakukan perhitungan atau prosesnya dapat menyebabkan hasil pengecoran yang buruk. Hal terburuk yang bisa terjadi adalah hasil beton yang mudah keropos, retak atau rusak dalam waktu cepat.

Pengecoran Jalan Beton

Begitu pula dalam pembangunan jalan beton, tahap pengecoran adalah tahap penting untuk menghasilkan kualitas jalan yang baik. Secara keseluruhan, tahap pengecoran termasuk dalam tahap akhir pembangunan jalan. Untuk penjelasan mengenai tahapan pembangunan jalan beton secara keseluruhan bisa Anda baca di “Pembuatan Jalan Beton”.

Selain proses yang dilakukan dengan benar, kualitas material tentu akan sangat berpengaruh terhadap kualitas beton jalan yang dihasilkan. Salah satu material penting dalam pengecoran ini adalah semen, semen disini berfungsi sebagai pengikat agregat. Ada beberapa jenis semen yang biasa digunakan dalam pengecoran, untuk lebih jelasnya bisa Anda baca di “jenis-jenis semen”.

Standar beton yang bagus

Secara umum beton hasil pengecoran yang baik akan memenuhi kriteria sebagai berikut :

  • Mempunyai kekuatan yang baik
  • Permukaan beton yang rata dan halus
  • Permukaannya yang datar dan tegak
  • Proses pembuatannya yang cepat
  • Tidak mengalami keretakan atau keropos

Untuk bisa mengetahui kualitas beton maka harus dilakukan pengujian pada beton tersebut. Pengujian ini bisa dilakukan dengan mengukur beberapa parameter menggunakan alat ukur yang tepat.

Proses pengecoran jalan beton :

Ada beberapa proses dalam pekerjaan pengecoran jalan beton, proses tersebut antara lain adalah :

  1. Sebelum pengecoran dilakukan pastikan desain struktur sudah sesuai baik itu dimensi beton dan bahan yang dipakai. Bila perhitungan struktur sudah salah maka sebaik apapun pekerjaan pengecoran maka jalan tetap akan mudah rusak.
  2. Pastikan material beton yang digunakan sudah sesuai dengan perhitungan kekuatan jalan nantinya. Sebagai contohnya bila struktur beton jalan yang akan dibuat menggunakan kualitas beton K-350, maka kualitas material dalam cor beton juga harus sesuai. Bila kualitas material dibawah perhitungan maka akan sangat mungkin beton mengalami kegagalan struktur.
  3. Pastikan bekisting yang sudah terpasang diproses sebelumnya sudah benar baik posisi dan jumlah perancahnya.
  4. Triplek atau papan bekisting harus dipastikan dalam kondisi bersih sebelum digunakan. Apabila menggunakan bekisting lama pastikan tidak ada sisa beton yang menempel. Bila masih ada sisa beton maka dapat menyebabkan beton mudah mengalami keropos.
  5. Disaar proses pengecoran dilakukan umumnya akan ada adonan cor yang berceceran. Adonan cor ini harus segera dibersihkan saat itu juga, bila terlalu lama dibiarkan maka adonan akan mengeras. Bila hal itu terjadi maka proses pembersihannya akan semakin sulit dan membutuhkan biaya lebih.
  6. Apabila pembangunan jalan beton menggunakan jenis beton ready mix maka lakukan koordinasi dengan perusahaan penyedia beton dengan baik. Pastikan kualitas cor beton sesuai dengan perencanaan dan jadwal pengirimannya tidak terlambat.
  7. Tingkat kerataan dan ketegakan beton harus selalu diukur menggunakan alat bantu seperti waterpass atau teodolit.
  8. Apabila pengecoran dilakukan secara bertahap, maka cor beton baru yang bersambung dengan beton lama harus disambung menggunakan lem beton. Selain itu agar beton lama menyatu dengan beton baru juga harus dilakukan ketrik beton.
  9. Setelah proses pengecoran selesai maka dilanjutkan dengan proses pemadatan beton agar cetakan terisi dengan sempurna. Proses pemadatan ini bisa dilakukan menggunakan bantuan mesin vibrator. Ada beberapa jenis metode pemadatan beton, untuk lebih jelasnya bisa Anda baca di “metode pemadatan beton”.
  10. Pastikan pembongkaran bekisting dilakukan disaat yang tepat dimana beton sudah mampu menahan beban sendiri.
  11. Bila beton terlalu cepat mengering biasanya akan terjadi retakan pada beton. Untuk menghindari hal tersebut harus dilakukan proses penyiraman selama beberapa hari sesuai dengan kualitas beton.

Demikian penjelasan singkat mengenai proses pengecoran jalan beton, untuk info lebih lengkap seputar konstruksi bisa Anda dapatkan di “kontak kami”. CV. Java Multi Mandiri distributor berbagai alat ukur dan uji dalam bidang konstruksi terpercaya di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Cart (0 items)
No products in the cart.