Jenis Semen Dalam Konstruksi

Jenis Semen Dalam KonstruksiSemen merupakan elemen penting dalam konstruksi khususnya dalam pembuatan cor beton. Berbagai jenis proyek pembangunan seperti pembuatan jalan beton, pembangunan gedung bertingkat, pembangunan jembatan tentu sangat membutuhkan semen. Semakin baik kualitas semen yang digunakan tentu akan semakin baik beton yang dihasilkan.

Jenis Semen Dalam Konstruksi

Akan tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui semen itu ada beberapa jenis. Mereka hanya tahu sebatas semen yang dijual di toko material. Karenanya kali ini akan kita bahas tentang berbagai jenis semen, jenis semen yang ada di bidang konstruksi umumnya adalah sebagai berikut :

Jenis Semen Dalam Konstruksi

1. Semen putih

Jenis semen putih merupakan jenis semen dengan kualitas tinggi dan biasa disebut super white cement. Jenis semen ini umumnya digunakan dalam keperluan dekorasi baik didalam maupun diluar ruangan. Semen putih banyak diaplikasikan pada nat sambungan profile, permukaan teraso dan keramik atau ubin. Semen putih dibuat dari bahan dengan kandungan besi dan magnesium oksida yang rendah.

2. Oil Well Cement

Jenis semen ini digunakan dalam proyek sumur minyak dan gas sebagai penyekat, karenanya semen dikenal dengan oil well cement. Seperti yang kita ketahui bahwa pengeboran minyak dan gas bisa mencapai ratusan bahkan ribuan meter. Semen ini akan digunakan pada pipa besi pada lubang sumur dengan cara dipompa ke dalamnya.

Kemudian semen akan dipompa kembali keluar agar bagian luar pipa besi dan dinding sumur terbentuk ikatan. Dengan adanya ikatan ini maka gas atau minyak tidak akan bercampur dengan air bawah tanah tidak bercampur dalam sumur. Jenis semen ini mempunyai standar mutu tinggi baik SNI maupun Internasional dalam pembuatannya.

3. Super Masonry Cement

Semen jenis ini biasanya diaplikasikan pada konstruksi rumah maupun irigasi untuk menghasilkan kualitas beton K-225. Jenis semen ini juga banyak digunakan dalam pembuatan paving block, genteng beton, tegel dan hollow brick.

4. Special Blenden Cement

Jenis semen ini bukan jenis semen yang dipasarkan secara bebas, jenis semen ini digunakan dalam pembangunan jembatan Suramadu. Semen yang tersedia dalam bentuk curah ini dibuat khusus untuk lingkungan air laut.

5. Semen Portland

Semen Portland tersedia dalam tipe I – V ini merupakan jenis semen yang paling mudah ditemukan dan digunakan oleh masyarakat. Jenis semen ini mempunyai penggunaan yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasan dari penggunaan setiap jenis semen portland :

  • Semen Portland tipe I

Semen ini dikenal juga dengan OPC (Ordinary Portland Cement), penggunaanya adalah untuk konstruksi umum seperti konstruksi rumah, jalan raya, gedung dan landasan pacu.

  • Semen Portland tipe II

Tipe semen ini banyak digunakan untuk konstruksi bangunan di tanah rawa, pinggir laut, saluran irigasi hingga bendungan. Beton yang dihasilkan dari tipe semen ini tahan terhadap sulfat dan panas hidrasi sedang.

  • Semen Portland tipe III

Tipe semen ini dibuat khusus untuk pembangunan gedung bertingkat, bandara dan jalan tol atau bebas hambatan. Semen ini cocok untuk bangunan yang membutuhkan kekuatan tekan awal tinggi setelah pengecorannya dan proses cepat dalam penyelesaiannya.

  • Semen Portland tipe IV

Tipe semen ini digunakan pada pembangunan dam hingga lapangan udara dimana kenaikkan suhu mempunyai pengaruh besar. Hal ini karena semen ini mempunyai panas hidrasi yang rendah. Semen jenis ini dibuat menggunakan bahan yang tahan terhadap tanah dengan kandungan sulfat tinggi. 

  • Semen portland tipe V

Tipe semen ini diproduksi khusus untuk digunakan pada tanah dengan kandungan sulfat tinggi. Jenis semen ini banyak digunakan pada pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir, pengolahan limbah, konstruksi air hingga terowongan.

6. Portland Composite Cement

Jenis semen ini digunakan sebagai pengikat hidrolis dengan ketahanan terhadap kandungan sulfat dan panas dengan hidrasi sedang. Semen ini cocok untuk pembangunan dermaga, jembatan, beton massa dan bangunan irigasi.

7. Portland Composite Cement

Jenis semen ini digunakan sebagai bahan pengikat hindrolis yang diproduksi dari penggilingan terak dengan bahan non organik dan gypsum. Pengaplikasian semen ini adalah pada beton pra cetak, pasangan batu bata, paving block dan konstruksi beton umum.

Demikian berbagai jenis semen yang perlu untuk Anda ketahui, mungkin lebih banyak dibanding perkiraan Anda bukan. Dapatkan konsultasi lainnya mengenai konstruksi dengan menghubungi kami melalui layanan “kontak kami“. CV. Java Multi Mandiri distributor alat ukur dan uji untuk berbagai keperluan konstruksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Cart (0 items)
No products in the cart.