Pembuatan Jalan Beton

Pembuatan Jalan Beton

 

Pembuatan jalan beton merupakan suatu metode pembuatan jalan yang terdiri atas plat beton semen sebagai lapisan atas atau lapis pondasi dengan tanah sebagai lapis pondasi bawah dasar nya. Karena menggunakan beton maka sebagai bahan utamanya maka pembuatan jalan ini dapat disebut sebagai jalan yang memiliki kelas terkeras dalam kategori jalan umum.

Dalam dunia konstruksi bangunan atau sipil memang semua pasti akan berkaitan dengan anggaran yang dimiliki. Namun apa yang terjadi apabila proyek pembangunan jalan tidak dilakukan dengan menyesuaikan kebutuhan ?

Maka yang terjadi akan sering mengalami kerusakan akibat kendaraan yang dilalui tidak sesuai dengan kemampuan dari jalan tersebut.

Sama halnya dengan jenis bangunan lainnya, jalan juga bisa mengalami kerusakan. Justru jalan adalah salah satu proyek konstruksi yang mudah mengalami kerusakan.

Penyebab kerusakannya sendiri juga beragam, secara umum kerusakan jalan disebabkan karena :

– Faktor Internal : Pemilihan material yang kurang tepat, pengerjaan yang kurang sempurna, dll

– Faktor Eksternal : Pengaruh cuaca dan iklim, bencana alam, dll

Untuk info statistik kerusakan jalan yang ada di Indonesia bisa Anda lihat di gambar berikut.

 

Bagaimana hal itu dapat terjadi ?
Tentu saja dengan melihat kelas dari jalan tersebut. Di Indonesia ini jalan yang dibangun sudah dibagi jelasnya berdasarkan dari kecepatan dan kapasitas berat dari kendaraan yang dilalui.

Sehingga jaman dahulu banyak sekali daerah yang jalanannya sangat rusak. Dan dengan dikembangkannya pengelompokan jalur maka kendaraan yang memiliki kapasitas muat tinggi kini sudah harus menggunakan jalur yang disediakan yaitu jalur kelas II atau jalur yang dibuat untuk mengatasi lalu lintas lambat dan berat hingga kisaran 10 ton.

Untuk info lebih jelas mengenai pembagian kelas ini yuk kita kunjungi artikel kelas jalan yang ada di Indonesia

sebaliknya dengan pengelompokan kelas jalan tersebut maka cara pembuatan dan standarisasi kualitas minimum jalan tersebut pun sudah dikelompokan juga.

itu sebabnya di masa modern ini supaya dapat memastikan kualitas dari jalan tersebut perlu dilakukannya pengujian dan pengukuran kualitas yang akurat. 

karena…

Hal-hal seperti kadar air tanah yang sebagai dasar jalan beton, tingkat kerataan suatu area yang akan dijadikan jalan, tingkat kemiringan untuk keperluan drainase, tingkat kekerasan atau kepadatan dari beton itu serta banyak hal lainnya yang memiliki parameter yang sulit untuk dinilai dengan kasat mata sangat perlu diketahui sebagai tolak ukur untuk membantu menentukan kualitas suatu jalan beton.

Jadi pemilihan jalan beton pada jalan kelas II ini dapat memberikan beberapa keuntungan :

  1. Jalan menjadi awet dan tahan lama
  2. Penghematan biaya untuk perbaikan
  3. Jalan akan sesuai untuk kendaraan yang melintas dengan beban sangat berat
  4. Lebih aman dilalui untuk dilalui karena sulit untuk terjadinya ambles

Oleh karena itu pembuatan jalan beton juga harus dilakukan dengan benar serta terukur kualitasnya dengan akurat. Dan dilakukan dengan cara pembuatan yang benar, berikut alur singkatnya.

Pembuatan Jalan Beton

Pada dasarnya pembuatan jalan beton tidak serumit pembuatan jalan aspal. Namun pembuatan jalan ini memakan waktu yang relatif lama hal tersebut diperlukan demi memastikan kualitas dari jalan beton tersebut, supaya tahan lama.

 

Untuk mempelajari proses pembuatan jalan beton silahkan baca masing masing bagian berikut secara berurutan.

Bagian 1 - Proses pondasi jalan beton

Bagian ini akan membahas mengenai proses pembuatan pondasi jalan beton dari pemilihan lahan hingga pembuatan pondasi. sehingga Anda akan mendapat gambaran dari pondasi ini karena pondasi merupakan awal yang sangat penting.

Bagian 2 - Persiapan Landasan dan kerangka

Setelah memiliki pondasi yang kokoh maka persiapkan landasan untuk dituangkan beton atau di cor. Hal ini juga berkaitan dengan pemasangan kerangka atau tulang beton, sehingga bisa dilanjutkan ke tahap pengecoran yang selanjutnya

Bagian 3 - Proses pengecoran dan pemadatan

Proses ini merupakan proses inti dari pembuatan jalan beton ini. Di dalam proses inilah kualitas jalan beton akan ditentukan dari semua parameter pengukuran yang akan dilakukan. Sehingga jalan beton yang sudah dibuat memiliki jaminan mutu

Perawatan

Setelah pembuatan semua bangunan tentunya membutuhkan perawatan. Meskipun Jalan Beton terkenal kokoh dan tahan lama, namun untuk mendapatkan hal tersebut juga diperlukannya perawatan. Seperti apa perawatan untuk jalan beton ? mari kunjungi bagian ini.

HUBUNGI KAMI

kami akan berusaha untuk memberikan solusi alat penguku dan pengujian sesuai kebutuhan Anda dalam pembangunan jalan beton.

My Cart (0 items)
No products in the cart.