Pembangunan Gedung Bertingkat

Pembangunan Gedung Bertingkat

 

Pembangunan gedung bertingkat tentunya akan lebih rumit dibandingkan gedung dengan 1 lantai atau rumah biasa. Perbedaan yang paling mencolok adalah pada konstruksi dan juga pondasinya, hal ini karena gedung bertingkat akan menahan beban lebih besar dibandingkan gedung biasa.

Selain dari kedua hal tersebut, perbedaan lainnya juga ada pada jumlah pekerja yang dibutuhkan dan biaya dalam pembangunannya.  pada proyek pembangunan seperti pembangunan gedung bertingkat ada beberapa pihak yang mempunyai tugas dan fungsinya tersendiri. Untuk lebih jelasnya mari kita baca Pekerja pembangunan gedung bertingkat

Selanjutnya dalam proses pembangunan gedung bertingkat selain memerlukan pekerja yang handal atau berpengalaman, proyek seperti ini juga harus didukung dengan manajemen proyek yang bagus, disini bukan manajemen orang-orangnya melainkan proses pengerjaan yang rapi, tidak asal-asalan, terencana serta semua hasil proyek dapat diuji.

Hal seperti ini yang sering dilalaikan karena tidak sedikit juga proyek yang targetnya adalah untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya atau pengerjaan yang ngebut atau dibuat sangat cepat bukannya proyek yang memiliki target untuk membuat bangunan yang sangat berkualitas kokoh dan tahan lama.

statistik gedung bertingkat

Melihat data statistik diatas pastinya Indonesia sudah bisa dibilang merupakan negara yang memiliki gedung bertingkat cukup banyak. Namun dari banyaknya gedung tersebut pastinya semua memiliki kualitas yang berbeda-beda. Untuk itu kita sebaiknya berusaha sebaik mungkin untuk membuat banguan gedung yang memiliki kualitas terbaik. 

Karena itu dalam pelaksanaan proyek seperti ini memiliki bagian atau unsur yang penting dalam menjamin kelancaran proses proyek ini.

Berikut unsur-unsur penting tersebut :

Pemilik gedung

Dalam hal ini tentunya pemilik gedung merupakan orang yang memiliki kendali penuh dalam proyek ini namun biasanya pemilik gedung tidak langsung ikut dalam proyek pengerjaannya, melainkan tanggung jawab tersebut diberikan kepada kepala proyek sehingga untuk kelancaran proyek sebaiknya pilihlah kepala proyek yang memiliki kompetensi unggul.

 

Konsultan Proyek

Sebagai konsultan merupakan tugas yang penting hal ini karena konsultan ikut andil dalam proses pembangunan dari gambar rencana, rencana kerja hingga perhitungan struktur dan biaya. Selain kepala proyek konsultan proyek harus diisi dengan orang-orang yang memiliki kompetensi yang baik pula.

Pengawas proyek

Tim pengawas merupakan tim yang bertanggung jawab dalam mengawasi jalannya kelancaran proyek terlebih lagi dalam realisasi semua rencana seperti kualitas, biaya, keselamatn hingga aspek ekonomi lainnya.

Pelaksana proyek

sebagai pelaksana juga merupakan bagian yang penting dalam pengerjaan proyek ini, karena sebagai pihak yang langsung terlibat dengan proses pembuatan gedung ini maka haruslah menggunakan tenaga pelaksana yang handal.

Setelah kita menentukan unsur-unsur atau bagian penting dalam proyek ini maka kita dapat segera menjalan proyek ini. Untuk dapat menjalankan proyek dengan lancar maka diperlukan juga proses pengerjaan yang baik.

 

tahapan pembangunan gedung bertingkat

Tahapan Pembuatan Gedung Bertingkat

Sebenarnya dalam proses pekerjaan gedung ini tidaklah serumit seperti pembangunan jembatan dan sebagainya. Namun pekerjaan gedung ini merupakan proyek yang memakan waktu cukup lama dan sangat kompleks, sehingga  tetap harus memiliki perencanaan dan pengerjaan yang baik untuk itu lebih lengkapnya mari kita ikuti bagian-bagian dibawah ini.

Perencanaan Gedung Bertingkat

Bagian 1 - Tahap Perencanaan Gedung Bertingkat

Dalam berbagai proyek pembangunan atau konstruksi, tahap persiapan merupakan tahap awal yang akan dikerjakan oleh kontraktor proyek. Meskipun belum masuk ke dalam tahap pembangunan, namun tahap persiapan ini akan mempengaruhi jalannya proyek tersebut. 

Tahap Pembangunan Gedung Bertingkat

Bagian 2 - Tahap Pembangunan Gedung Bertingkat

Dalam proyek apapun termasuk pembangunan gedung bertingkat, sistem manajemen yang baik sangat diperlukan agar proyek berjalan dengan efektif dan efisien. Jenis bangunan yang akan dikerjakan sendiri akan mempengaruhi manajemen proyek tersebut. Disini pihak manajemen akan menentukan penggunaan alat, 

Sistem Utilitas Bangunan Gedung

Bagian 3 - Sistem Utilitas Bangunan Gedung

Setelah proses pembangunan sudah dilaksanakan pada tahap pembangunan gedung bertingkat, maka diperlukan pembangunan sistem utilitas gedung bertingkat. Sistem utilitas diperlukan untuk menunjang operasional gedung bertingkat, pekerjaan ini juga merupakan pekerjaan penting dalam pembangunan gedung bertingkat

Pemeliharaan Bangunan Gedung

Perawatan dan Pemeliharaan Bangunan Gedung

Setelah pembangunan gedung bertingkat selesai dan bisa digunakan maka pengelola bangunan harus mempunyai jadwal perawatan rutin. Meskipun tidak termasuk dalam tahap pembangunan gedung itu sendiri, namun perawatan bangunan juga penting untuk dilakukan. 

Hubungi Kami

kami akan berusaha untuk memberikan solusi alat penguku dan pengujian sesuai kebutuhan Anda dalam pembangunan jalan beton.

My Cart (0 items)
No products in the cart.