Macam-macam persiapan pembuatan jalan

Dalam pembuatan jalan beton kita telah belajar bahwa teknik pengerjaannya membutuhkan banyak persiapan seperti yang sudah kita baca pada artikel Persiapan dan Proses Pembuatan Pondasi Jalan Beton termasuk peralatan maupun perlengkapan yang dibutuhkan. Pada artikel ini kami akan membahas mengenai macam-macam persiapan dan perlengkapan yang di butuhkan ketika melakukan pembuatan jalan.

 

Umur Rencana Pembuatan Jalan 

Penting bagi seluruh pembangunan untuk melakukan perencaan umur pada bangunannya khususnya untuk bangunan jalan ini. Dimana jalan merupakan bangunan yang menerima tekanan kendaraan setiap hari dimana volume lalu lintas sangat berperan penting dalam penghitungannya yang akan kita bahas pada bagian ke 2 dibawah.

Dalam perencanaan umur pembuatan jalan tentunya ditentukan dengan dua faktor yaitu jenis perkerasan dan elemen perkerasan

Dimana dengan jenis perkerasan lentur serta elemen perkersaan yaitu lapisan aspal dan lapisan berbutir dapat mendapatkan rencana umur hingga 20 tahun. 

Sedangkan untuk jenis perkerasan kaku dengan elemen perkerasan pondasi jalan yang berlapis serta penggunaan lapis semen beton dapat direncanakan hingga umur 40 tahun.

 

Perkiraan Faktor Pertumbuhan Lalu Lintas

Hal ini didasarkan pada data – data pertumbuhan historis atau formulasi korelasi dengan faktor pertumbuhan lain yang valid, dimana hasilnya pada daerah perkotaan dapat tumbuh hingga 5% pada tahun 2011 hingga 2020. Sedangkan untuk tahung 2021 hingga 2030 dapat bertumbuh 4% 

Lain halnya pada daerah non perkotaan pada tahun 2011 hingga 2020 diperkirakan mengalami pertumbuhan 3.5% dan untuk 2021 hingga 2030 dapat bertumbuh hingga 2.5%

Hal ini bertujuan untuk memperhitungkan persiapan kapasistas ruas jalan yang ada serta pembangunan pada masa yang akan datang. Serta beban terhadap ruas jalan yang dibuat.

infographic pertumbuhan kendaraan

Faktor Distribusi Jalur

Distribusi jalun penting dilakukan karena dengan melakukan distribusi jalur makan kendaraan niaga truk dan bus serta kendaraan peribadi seperti mobil dan sepeda motor dapat diperhitungkan khususnya untuk trus dan bus yang melebihi kapasitas tidak boleh melintasi jalur yang dibuat dengan kemampuan atau kelas dibawah kapasitas jalur atau bus tersebut itulah pentingnya bus atau truk memasuki terminal timbangan yang ada. 

Untuk mengetahui kapastias dan kemampuan jalan pada setiap kelas bisa lihat artikel berikut ini Pengelompokan Jalan Di Indonesia.

 

Pembuatan Kantor Kegiatan

Pembuatan Kantor Kegiatan, yaitu tempat menyelesaikan pekerjaan – pekerjaan yang menyangkut kegiatan di lapangan agar tertip administrasi.

 

Menyiapkan Rambu Lalu lintas

Menyiapkan Rambu-rambu Lalu-lintas yang memadai, Rambu-Rambu Peringantan dipasang sebelum pelaksanaan dimulai, membuat dan memasang Rambu-Rambu Peringatan di lokasi kegiatan, bentuk dan ukuran sesuai dengan peraturan Pemerintah Daerah setempat.

 

Mobilisasi peralatan yang dibutuhkan

Peralatan pembuatan jalan tidaklah sedikit selain alat berat yang digunakan dan perlengkapan-perlengkapan alat pengukuran seperti kekerasan beton, ketebalan beton dan kadar air dan lainnya yang mendukung proses pengujian. Perlu diadakannya jalur mobilitas khusus agar lancarnya pembuatan proyek jalan ini, serta penyimpanan khusus untuk perlengkapan alat pengujian jalan tersebut.

Lalu peralatan dan perlengkapan apa saja yang dibutuhkan pada umumnya ketika melakukan pembuatan jalan ?

yuk simak artikel berikut ini Peralatan dan Perlengkapan Pembuatan Jalan

 

Laboratorium Lapangan

Laboraturium Lapangan, yaitu tempat penggunaan perlengkapan laboraturium yang setiap saat diperlukan di lapangan agar mutu terjamin, seperti kekerasan beton, ketebalan beton dan kadar air dan lainnya yang mendukung proses pengujian.

Lokasi Stockpile material

Lokasi Stockpile material, yaitu untuk penyimpanan sementara material pekerjaan.

Bengkel

Bengkel, yaitu tempat mengerjakan pekerjaan-pekerjaan seperti memotong dan merangkai besi, mengelas dan lain-lain.

Setelah persiapan dan peralatan serta perlengkapan sudah selesai maka kita bisa segera melakukan proses kedua yang kita bisa baca pada artikel berikut Persiapan Landasan dan kerangka

Untuk Anda yang ingin mengetahui proses awalnya dan lebih lengkapnya bisa kunjungi artikel Mengenal Jalan Beton.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Cart (0 items)
No products in the cart.