Cara Mengukur Kadar Air dan Manfaatnya

Cara Mengukur Kadar Air dan ManfaatnyaKadar air merupakan kandungan air yang ada di dalam suatu bahan dan biasanya berupa biji – bijian seperti kopi, kakao atau cokelat, padi atau gabah, jagung, beras, kedelai, sorgum maupun bahan atau berbagai material yang berupa benda padat seperti kayu, tanah, dinding, beton, serta bahan – bahan sejenis lainnya.

Cara Mengukur Kadar Air Dan Manfaatnya

Cara Mengukur Kadar Air dan Manfaatnya

Pengukuran kadar air ini juga sebenarnya tidak hanya meliputi beberapa bahan seperti yang disebutkan di atas, tapi juga masih banyak bahan yang lainnya. Adapun cara mengukur kadar air pada suatu bahan dapat dilakukan dengan cara yang berbeda-beda dan berbagai metode yang bervariasi. Adapun beberapa metode pengukuran kadar air yang umumnya banyak digunakan yaitu :

1. Metode Kering Oven

Untuk metode pengujian kadar air dengan menggunakan metode ini biasanya sampel yang diukur nilai kadar airnya akan dipanaskan dengan menggunakan alat pengukur kadar air infrared dengan menggunakan suhu dan lamanya waktu pemanasan yang sudah ditentukan. Sebelum melakukan pemanasan, lakukan pengukuran terlebih dahulu pada berat sampel yang akan diukur.

Pengukuran dapat dilakukan dengan menggunakan timbangan digital yang sudah terintegrasi pada alat tersebut. Jika waktu pemanasan sudah selesai, kemudian berat sampel akan diukur kembali. Melalui selisih berat antara sebelum dipanaskan dan sesudah dipanaskan dapat diketahui berapa nilai kadar airnya.

2. Metode Inductive

Dengan menggunakan metode pengukuran ini biasanya banyak digunakan pada alat – alat pengukuran kadar air benda padat atau concrete yang meliputi dinding, kayu, tembok, dll. Selain itu, alat pengukuran kadar air dengan metode ini juga lebih dikenal dengan alat pengukuran kadar air model tempel seperti halnya pada alat pengukuran kadar air MC-7825S.

3. Metode Gaya tolak Elektris

Penggunaan metode pengukuran ini umumnya banyak dipakai pada alat pengukuran kadar air yang banyak digunakan untuk melakukan pengukuran kadar air secara cepat di lapangan. Umumnya pada alat ini dibekali dengan probe 2 buah pin atau jarum logam dan sejenisnya yang sudah terintegrasi secara langsung pada alat ini serta sudah dibekali dengan menggunakan probe eksternal seperti pada alat uji kadar air biji-bijian MC-7825G.

Manfaat Pengukuran Kadar Air

Pengukuran kadar ini rupanya mempunyai manfaat yang besar dan merupakan salah satu bagian atau faktor yang penting dalam hal peningkatan kualitas. Adapun beberapa manfaat pengukuran kadar air yang sangat umum dirasakan antara lainnya yaitu sebagai berikut :

  • Mengantisipasi terjadinya pembusukan selama menyimpan ataupun selama melakukan pengiriman. Biasanya hal ini disebabkan oleh jamur dan bakteri yang hidup pada lingkungan yang lembab contohnya pada biji-bijian seperti jagung, kopi, beras, kakao, serta berbagai macam biji-bijian lainnya.
  • Meningkatkan kualitas serta daya tahan melalui kadar air yang sesuai, bahan seperti jagung, beras, dan bahan lainnya yang dapat disimpan lebih lama tanpa mengalami suatu penurunan kualitas.
  • Dengan tingkat kadar air yang sesuai pada bahan kayu maka berperan untuk menjaga kualitas bangunan dari perubahan bentuk fisik yang tidak diinginkan yang biasanya disebabkan oleh tingginya kandungan air yang terdapat pada kayu sebelum diproses.
  • Jika kadar air terlalu tinggi pada dinding tentu dapat merugikan sisi kesehatan maupun ketahanan bangunan. Untuk itu dengan mengukur kadar air yang sesuai untuk dinding tentu memiliki banyak keuntungan yang didapatkan seperti cat akan lebih kuat dan tahan lama apabila melekat pada dinding dan nyaman jika dilihat dari sisi kesehatan.

Jenis Alat Ukur Kadar Air yang Umum Dipakai

Selain cara mengukur kadar air dan manfaatnya, berikut ini adalah berbagai jenis alat ukur kadar air yang dapat diketahui :

Alat ukur ini merupakan alat ukur kandungan kadar air pada biji – bijian yang merupakan alat ukur untuk mengukur kandungan kadar air pada biji – bijian model terbaru dari AMTAST. Alat ukur ini umumnya digunakan untuk melakukan pengukuran pada 14 jenis biji – bijian yang terdapat di Indonesia. Selain itu alat ukur ini juga dapat melakukan pengetesan kadar air secara cepat.

Ini merupakan alat pengukur kadar air biji kopi seri MC7828G yang merupakan alat  pengujian kadar air dengan kombinasi yang sempurna dengan alat ukur kadar air  MC-7825G. Selain itu, alat ukur tersebut merupakan alat test kadar air yang model tusuk sehingga memiliki jumlah komoditi  yang dapat diukur paling banyak dengan menggunakan DIGIMOST atau suatu alat yang merupakan alat pengukuran kadar air biji kopi dan kakao model tuang buatan dalam negeri.

Ini adalah alat pengukuran kadar air pada daging, alat ini sudah dirancang secara khusus untuk menguji dan mengukur kadar air pada daging. 

Ini merupakan alat test kadar air bahan bangunan yang memiliki kegunaan untuk melakukan pengukuran kadar air pada plester, beton, batu bata, adukan semen, adukan kapur, serta dinding atau tembok. Tidak hanya digunakan sebagai media untuk mengetes atau mengukur kadar air atau tingkat kekeringan pada bahan bangunan. Penggunaan alat ini juga berfungsi untuk mengukur temperatur suhu bahan bangunan yang sedang diuji nilai kadar airnya dan menampilkan secara bersamaan dengan nilai kadar airnya melalui layar LCD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Cart (0 items)

No products in the cart.