Menjaga Kesegaran Biji Kopi

Kopi yang nikmat adalah kopi yang terjaga kesegaranya.  Freshness dari kopi sangat lah penting karena kopi yang sudah tidak fresh akan menurunkan kualitas dari biji kopi tersebut yang akan mempengaruhi dari tingkat rasa.  Secara umum, kopi yang masih berbentuk biji akan awet lebih lama jika kita ingin menyimpannya.  Biji kopi yang masih utuh akan bertahan tiga sampai empat bulan setelah kopi di roasting.  

Lain halnya dengan kopi yang sudah di giling, biasanya kopi yang sudah di giling hanya bertahan paling lama 1-2 minggu itu pun jika kita menyimpan kopi secara benar.  Sebagai seorang yang menikmati kopi, sebaiknya kita harus mengetahui bagaimana menyimpan kopi yang baik dan juga harus mengenal beberapa musuh kopi yang dapat merubah cita rasa kopi yang kita miliki.  

menjaga kesegaran biji kopi

Musuh kopi adalah faktor-faktor eksternal yang dapat mempercepat penurunan kualitas kopi.  Secara umum ada empat musuh kopi yang harus kita kenal diantaranya adalah suhu, kelembaban, cahaya dan udara.  Untuk lebih jelas mengenai musuh-musuh kopi, kita akan uraikan empat musuh kopi tersebut agar tidak mempengaruhi kuaitas kopi yang akan kita sajikan.

Berikut beberapa faktor untuk menjaga kesegaran biji kopi :

Faktor pertama yang paling mempengaruhi dari kualitas kopi adalah suhu.  Kopi tidak diperbolehkan di letakan di tempat yang memiliki tingkat udara panas yang tinggi karena jika dibiarkan, kopi akan lembab dan menimbulkan jamur yang tentu saja akan merusak biji kopi yang kita konsumsi.  Taruhlah kopi yang sudah di buka di tempat yang memiliki suhu ruangan baik seperti lemari kabinet dapur. 

Selain itu biasakan untuk menyimpan biji kopi di tempat yang kering dan gelap untuk menghindari cahaya.  Biasakan untuk menggiling biji kopi sesuai kebutuhan dan tidak menggiling semua biji kopi karena seperti yang sudah di uraikan diatas bahwa biji kopi memiliki rentan waktu yang awet ketimbang yang sudah di giling. 

Faktor kedua adalah kelembaban atau kadar air. Tom Schleuning dan Charles Gonzales pemiliki kedai kopi Rosella Coffee Co  di texas mengatakan bahwa “kelembaban udara yang fluktuatif dapat menyebabkan kondensasi di dalam wadah penyimpanan kopi dan berakibat biji kopi lembab dan lembek”. 

Selalu simpan biji kopi di tempat yang kering hindari suhu terlalu panas agar kopi tidak berembun yang akan menyebabkan timbulnya jamur di dalam kopi.  Selalu gunakan wadah yang bersih dan memiliki bahan yang tidak terlalu panas. Serta lakukan pengukuran kadar air biji kopi secara berkala untuk memantau kualitas kopi.

Selanjutnya musuh kopi lainnya adalah cahaya.  Cahaya disini adalah cahaya matahari langsung yang biasanya dapat menimbulkan panas.  Jika kita sering bermain dan berkeliling coffee shop dapat kita perhatikan kopi-kopi yang dijual di sana tidak ada yang langsung bersentuhan dengan matahari atau dengan kata lain kopi-kopi tersebut tidak disimpan di dekat jendela, hal ini untuk mengindari paparan sinar matahari langsung. 

Sinar matahari yang langsung mengenai biji kopi akan menyebabkan panas dan berakibat kopi menjadi lembab dan ketika dibuka kopi akan berbau apek dan rasa bawaan dari biji kopi akan rusak jika kopi tersebut lembab.

Faktor terakhir yang menjadi salah satu musuh kopi adalah udara.  Ketika kita membuka kopi dari kemasannya jangan biarkan udara mengkontaminasi kopi yang kita buka, tutup rapat lagi kemasan kopi yang sudah di buka atau letakan biji kopi pada toples yang memiliki seal kedap udara karena jika tidak udara akan menghilangkan aroma kopi dan rasanya akan berkurang mengingat jika kopi tersebut sudah terkontaminasi udara.

Sebagai penikmat kopi yang baik setidaknya kita harus mengetahui beberapa musuh kopi yang dapat menurun kan kualitas biji kopi yang kita miliki. Kopi yang enak adalah kopi yang selalu terjaga akan kualitasnya,  salam kopi nusantara.

Bagi Anda yang membutuhkan beragam alat bantu untuk menjaga kesegaran biji kopi maupun biji-bijian laninnya hubungi kami melalui halaman kontak kami. Kami akan berusaha menyediakan solusi alat yang Anda butuhkan sebaik mungkin.

 

 

Artikel Terkait :

Cara Menyimpan Biji Kopi

Mengenal Biji Kopi dan Jenis Minumannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Cart (0 items)
No products in the cart.