cara menyimpan biji kopi

cara menyimpan biji kopi – Kopi adalah bahan minuman yang sensitif dan sudah sangat populer. Apabila kita salah dalam menyimpan kopi di tempat yang salah dan dengan cara yang keliru dapat berubahnya rasa asli kopi dan kesegarannya.

Sering kali beberapa orang membeli kopi dalam jumlah yang banyak untuk persediaan selama beberapa bulan. Sering kali beberapa orang tidak tahu kalau kopi yang sudah disimpan selama berbulan-bulan baik yang berbentuk biji maupun bubuk dapat berubah dari segi rasa, kesegaran bahkan yang paling buruk adalah kopi tersebut dapat basi. Berikut akan kami paparkan cara menyimpan biji kopi yang baik :

menyimpan biji kopi

Belilah Kopi Yang Masih Berbentuk Biji Bukan Bubuk

Biji kopi akan dapat bertahan lebih lama dari pada yang berbentuk serbuk bila disimpan. Kita lebih suka meminum kopi yang segar, dan kesegaran tersebut berada pada bentuk yang masih biji. Kopi lebih akan lebih nikmat diminum sesaat setelah bijinya digiling, bukan dari kopi bubuk yang sudah disimpan dalam waktu yang lama. Kopi sendiri amat mudah teroksidasi, oleh karena itu setelah digiling maka kesegarannya akan segera menurun. Apabila Anda rutin meminum kopi setiap hari disarankan memiliki grinder sendiri di rumah. Tidak perlu yang mahal karena yang manual juga sesuai untuk Anda.

 

Gunakan Biji Kopi Jangan Melebihi Dua Minggu

Biji kopi yang baik sebaiknya jangan dikonsumsi dalam waktu yang lama setelah disangrai. Biji kopi yang sudah disangrai namun disimpan dalam waktu yang lama akan berdampak buruk terhadap rasanya. Kopi tersebut bisa saja basi dan sudah kehilangan kenikmatannya. Disarankan tidak menggunakan kopi dalam waktu tidak lebih dari dua minggu. Lebih baik membeli kopi secara berulang-ulang dari pada membeli dalam jumlah yang banyak dan menumpuknya di rumah.

 

Simpan Kopi Pada Wadah Yang Kedap Udara

Kopi lebih baik disimpan di dalam paper bag yang memang ini merupakan tempat awal kita saat menyimpan kopi. Namun hal ini tidak akan baik lagi bila kita sudah menggunakannya dengan membukanya dan akan kita simpan lagi. Paper bag yang sudah terbuka akan kehilangan kemampuannya untuk menyimpan kopi secara maksimal. Oleh karena itu Anda memerlukan toples atau kontainer kedap udara pula.

 

Simpan Kopi di Tempat yang Sejuk dan Gelap

Bila tanaman memerlukan matahari untuk tumbuh, maka tidak halnya dengan kopi yang sudah disangrai. Sebaiknya kopi disimpan ditempat yang sejuk, gelap dan terhindar matahari agar tetap terjaga kesegarannya dan rasanya tidak akan berubah. Meskipun sejuk namun menyimpan kopi dalam kulkas merupakan hal yang tidak kami sarankan.

 

Bagi Anda yang membutuhkan beragam alat bantu untuk menjaga kesegaran biji kopi maupun biji-bijian laninnya hubungi kami melalui halaman kontak kami. Kami akan berusaha menyediakan solusi alat yang Anda butuhkan sebaik mungkin.

 

 

Artikel Terkait :

Mengenal Biji Kopi dan Jenis Minumannya

Menjaga Kesegaran Biji Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Cart (0 items)
No products in the cart.