Suhu Tubuh Normal Manusia

No ratings yet.
Selama ini banyak orang menganggap suhu tubuh normal manusia berada pada titik 37°C. Benar, rata-rata suhu normal pada manusia memang berada pada kisaran angka tersebut. Tapi kenyataannya suhu normal tidak selalu pada titik 37°C. Suhu  yang normal bisa berada di antara 36,5 hingga 37,2°C.

Suhu tubuh normal bisa berubah sepanjang hari. Aktivitas yang Anda lakukan sehari-hari juga dapat mempengaruhi suhu. Biasanya, suhu akan naik hingga 0,6°C sepanjang hari, contohnya saat Anda berolahraga di hari yang panas maka suhu dapat naik 0,6°C.

Suhu normal pada tiap orang dapat berbeda, entah lebih tinggi atau lebih rendah, ketika seorang wanita berovulasi atau saat siklus menstruasi.

suhu tubuh normal manusia

suhu tubuh normal manusia

Suhu tubuh rendah
Suhu rendah bisa disebut sebagai hipotermia. Suhu  yang terlalu rendah dapat mengancam jiwa, karena dapat memperlambat sistem kerja saraf. Selain itu hal ini juga dapat berujung pada kegagalan fungsi organ jantung dan pernapasan, serta kematian.

Seseorang dikatakan mengalami hipotermia jika suhu berada di bawah 35°C, ketika tubuh kehilangan panas lebih cepat dari menghasilkannya. Kondisi ini terjadi saat seseorang terkena paparan cuaca dingin dan tidak menggunakan pakaian hangat ketika berada di tempat dingin, atau terjatuh ke dalam air yang sangat dingin.

Pahami juga gejala-gejala terjadinya hipotermia. Pada orang dewasa, gejala yang akan dirasakan antara lain menggigil, bicara tidak jelas, pernapasan yang pendek dan pelan, serta perlahan-lahan hilang kesadaran. Sementara gejala yang akan terjadi pada bayi yaitu kulit dingin dan berwarna merah.

 

Suhu tubuh tinggi

Hipertermia adalah kondisi ketika suhu berada pada titik lebih dari 40°C. Hipertermia terjadi saat tubuh gagal dalam mengatur suhu, sehingga suhu pun terus meningkat. Sengatan panas akan dirasakan oleh pengidap hipertermia.

Demam berbeda dari hipertermia. Seseorang dikatakan mengalami demam yaitu saat suhu tubuhnya berada di atas 37,5°C dan bisa kembali ke titik suhu normal ketika Anda mengonsumsi obat penurun panas. Demam merupakan peningkatan suhu  dalam tingkat yang sepenuhnya terkendali oleh sistem pengaturan suhu . Sedangkan hipertermia yaitu meningkatnya suhu  di luar kendali sistem tersebut.

Sengatan panas umumnya berkembang saat seseorang berada di lingkungan yang panas dan tubuh tidak mampu mendinginkan diri secara efektif. Suhu  yang tinggi dan berkelanjutan dapat menyebabkan dehidrasi parah serta bisa merusak organ tubuh secara permanen, seperti otak.

Untuk itu sangat diperlukan Alat Pengukur Suhu ketika melakukan pengukuran suhu , hal ini supaya menghingari pengukuran suhu yang salah. Sehingga dapat dilakukan antisipasi atau solusi yang tepat terhadap orang yang mengalami kenaikan suhu melebihi batas normal.

Nilai Kualitas Produk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Cart (0 items)
No products in the cart.