Ventilasi Rumah Yang Sehat

Ventilasi Rumah yang Sehat – Tata letak ventilasi rumah mekanis merupakan cara terbaik untuk mendapatkan suasana sehat serta menyegarkan pada rumah-rumah modern saat ini. Ventilasi rumah yang sehat di rumah modern dengan konstruksi dan rancangan yang semakin rumit, haruslah didesain secara hati-hati dan benar-benar sempurna.

ventilasi rumah

Dahulu kala rumah tidak memerlukan ventilasi. Baik dari segi konstruksi maupun jenis bahan bangunan yang digunakan, rumah-rumah zaman dulu tidak serumit rumah-rumah sekarang. Ventilasi menjadi semakin penting saat ini. Untuk mendapatkan desain rumah yang sehat, sejuk serta menyegarkan, sistem ventilasi rumah merupakan satu dari berbagai bagian dan unsur desain serta arsitektural yang harus dimiliki setiap rumah.

Tanpa sebuah sistem ventilasi, rumah akan jauh dari suasana segar, sehingga akan mengakibatkan kelembaban, bau, serta membentuk beragam polutan lainnya di dalam rumah. Dengan kata lain, tanpa adanya sistem ventilasi, rumah akan terkontaminasi oleh banyak zat pencemar dan polusi yang tentu akan berakibat sangat buruk.

Jenis sistem ventilasi rumah yang sehat

Saat ini dikenal beberapa jenis sistem ventilasi, antara lain :

  • natural ventilation;
  • exhaust-only mechanical ventilation;
  • supply-only mechanical ventilation;
  • balanced ventilation;
  • serta balanced ventilation with heat recovery.

Setiap jenis sistem ventilasi rumah tersebut memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing. Perkembangan material juga rancangan dan konstruksi rumah-rumah modern yang semakin canggih dan rumit, mengakibatkan sistem ventilasi rumah yang sehat mesti dirancang secara mekanis. Sistem ventilasi rumah modern mesti dirancang secara mekanis, dalam artian dengan pendekatan berupa alat serta sebuah sistem yang mungkin cukup kompleks.

Namun intinya, sistem ventilasi rumah yang sehat pada rumah-rumah modern saat ini tidak bisa lagi mengandalkan sebuah aliran udara melalui lubang kecil atau retakan pada dinding, atap, atau bahkan jendela seperti pada rancangan dan konstruksi rumah-rumah zaman dulu, atau lebih dikenal dengan sistem ventilasi natural. Jendela yang terbuka tidak menjamin pergantian udara yang baik.

Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan untuk tetap menggunakan sistem ventilasi natural dengan beragam kelebihannya. Sistem ventilasi alami semacam itu, meskipun tidak memberikan sesuatu yang maksimal, masih dapat menjadi pilihan asalkan didesain secara saksama. Program kerjanya yakni harus ada perbedaan suhu yang sangat penting antara luar ruangan dan dalam ruangan, agar tercipta sebuah proses sirkulasi udara akibat dari perbedaan tekanan suhu dan mendorong sistem kerja ventilasi.

Sistem mekanis atau natural?

Pendiri BuildingGrenn.inc Alex Wilson, dalam 6 ways to ventilate your home, mengatakan: “bahwa saat ini semua rumah harus memiliki sistem ventilasi mekanis. Dengan keadaan rumah yang lebih terisolasi dan ketat, ventilasi menjadi semakin penting. Tetapi bahkan di sebuah rumah yang “bocor”, orang tidak dapat mengandalkan kebocoran tersebut untuk bisa membawa udara segar ke dalam ruangan.”

Alex sangat merekomendasikan dan menyarankan sistem ventilasi seimbang alias balance ventilation. Ia sangat menganjurkan sistem ventilasi tersebut karena sangat tepat untuk semua iklim. Bahkan bila berada di wilayah iklim yang dingin, maka balanced ventilation with heat recovery merupakan sistem ventilasi terbaik, menurutnya.

Sistem ventilasi mekanis memang memerlukan banyak sekali energi, terutama biaya. Sistem ventilasi mekanis seperti jenis balance ventilation juga rumit serta tidak mudah diinstalasi pada sebuah rumah. Membutuhkan rancangan oleh seorang enggineer yang benar-benar ahli dibidangnya.

Akan tetapi, semua itu tentu sebanding. Demi memperoleh sistem ventilasi rumah yang sehat, yang berujung pada suasana rumah yang sehat serta menyegarkan, sistem ventilasi mekanis merupakan metode terbaik untuk mendapatkan semua itu, terutama pada desain atau struktur rumah-rumah modern saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Cart (0 items)

No products in the cart.