Dissolved Oxygen Meters

Dissolved Oxygen adalah alat untuk mengukur kadar oksigen terlarut (dissolved oxygen, disingkat DO) atau sering juga disebut dengan kebutuhan oksigen (Oxygen demand).

DO sendiri merupakan salah satu parameter penting dalam analisis kualitas air. Nilai DO yang biasanya diukur dalam bentuk konsentrasi ini menunjukan jumlah oksigen (O2) yang tersedia dalam suatu badan air. Semakin besar nilai DO pada air, mengindikasikan air tersebut memiliki kualitas yang bagus.

Sebaliknya jika nilai DO rendah, dapat diketahui bahwa air tersebut telah tercemar. Pengukuran DO juga bertujuan melihat sejauh mana badan air mampu menampung biota air seperti ikan dan mikroorganisme.

Selain itu kemampuan air untuk membersihkan pencemaran juga ditentukan oleh banyaknya oksigen dalam air. Oleh sebab pengukuran parameter ini sangat dianjurkan disamping paramter lain seperti kob dan kod.

Review AZ - 8401

DO meter merupakan alat yang digunakan untuk mengukur kadar oksigen terlarut (Dissolve Oxygen) di dalam air atau larutan. Nilai oksigen terlarut di dalam air akan sangat dipengaruhi oleh banyak factor, diantaranya adalah factor suhu dan juga kandungan zat-zat organic yang ada di dalamnya. Kualitas air yang bagus biasanya akan memiliki nilai Dissolve Oxygen yang tinggi, sebaliknya air yang sudah tercemar, kandungan oksigen terlarutnya akan rendah. Oleh karena itu, DO dijadikan sebagai salah satu parameter wajib dalam setiap pengukuran kualitas air. Air yang memiliki kandungan oksigen terlarut yang rendah biasanya akan sedikit didiami oleh aneka biota air. Karena air biasanya sudah tercemar dan tidak ramah lagi ditinggali oleh makhluk hidup.

My Cart (0 items)

No products in the cart.

Return To Shop