Alat ukur ketebalan lapisan atau coating thickness meter adalah alat ukur yang berfungsi untuk mengukur ketebalan dari suatu lapisan non-destruktif seperti lapisan cat dan bahan pelapis lainnya. Coating thickness dapat mengukur ketebalan bahan pelapis yang ada pada besi maupun karat atau korosi pada besi.

Coating Thickness Meter dapat melakukan pengukuran dengan cepat dan dengan hasil pengukuran yang akurat. Kalangan industri seperti industri kimia, otomotif, galangan kapal, pesawat, hingga yang berkaitan dengan cat atau bahan pelapis biasa menggunakan alat ini.

Penggunaan alat ukur ketebalan lapisan

Umumnya alat ukur ini menggunakan prinsip digital sehingga akan sangat memudahkan dalam penggunaannya. Langkah-langkah menggunakan alat ukur ini adalah sebagai berikut :

  • Hidupkan alat dengan menekan tombol powernya.
  • Ketika layar telah siap dan menunjukkan angka nol maka alat siap digunakan.
  • Tempelkan probe alat pada material yang akan diukur ketebalannya.
  • Tunggu beberapa saat hingga layar menunjukkan hasil pengukuran dan angkanya stabil.

Cara merawat Coating Thickness Meter

Agar alat ukur ketebalan lapisan dapat digunakan dalam waktu lama maka ada beberapa cara perawatan standar yang dapat dilakukan. Hal pertama yang harus dilakukan apabila alat sudah selesai digunakan adalah dengan melepas baterainya. Dengan begitu kita dapat menghindari kebocoran baterai.

Pastikan alat tetap bersih dan kering khususnya untuk bagian probe atau sensornya. Bersihkan menggunakan kain kering agar alat dan probe tetap terjaga kekeringan dan kebersihannya. Selain itu, simpan alat di tempat kering dan tidak lembab serta terhindar dari sinar matahari secara langsung.

My Cart (0 items)

No products in the cart.