Unsur unsur Cuaca dan Jenisnya

Unsur unsur Cuaca dan Jenisnya – cuaca adalah suatu keadaan dalam cakupan wilayah yang relatif sempit, serta pada jangka waktu yang singkat. Cuaca mudah berubah ubah tergantung dari tekanan udara, suhu, kelembaban udara, dan curah hujan yang ada di suatu wilayah tertentu. Iklim hampir sama dengan cuaca, hanya saja iklim mencakup wilayah yang cukup luas serta dalam waktu yang cukup lama. 

macam macam cuaca

Terdapat 7 unsur penyusun cuaca dan juga iklim, diantaranya :

Unsur unsur Cuaca dan Iklim

a. Sinar matahari

Sinar matahari berpengaruh sebagai penyusun terjadinya cuaca. Bumi berputar pada porosnya, serta mengelilingi matahari. 

b. Suhu 

Suhu mempengaruhi cuaca di suatu daerah. Letak mempengaruhi suhu udara yang ada pada suatu wilayah, jika wilayah tinggi seperti di pegunungan maka suhu yang dihasilkan relatif rendah. Jika daerah rendah maka cukup panas suhu di daerah itu.

c. Kelembaban udara

Pemanasan akan terjadi baik di darat maupun di laut, dan akan terbentuk suatu gumpalan di udara. Gumpalan tersebut akan berkumpul dan akan diisi oleh uap air. Kandungan uap yang terkumpul di udara disebut kelembaban relatif.

d. Tekanan udara

Suatu kawasan yang memiliki suhu cukup tinggi maka akan memiliki tekanan udara yang relatif rendah. sebaliknya jika suatu daerah memiliki suhu cukup rendah maka memiliki tekanan udara yang cukup tinggi.

e. Angin 

Angin adalah suatu udara yang bergerak dari tempat yang tinggi menuju tempat yang lebih rendah. Angin juga bergerak dari tempat yang sejuk ke tempat yang lebih panas.

f. Awan

Awan adalah gumpalan uap air yang terjadi karena air yang menguap dan membentuk gumpalan di atmosfer. Gumpalan uap akan menjadi hujan jika sudah banyak uap yang terkandung dalam awan. Ada empat bentuk awan, yaitu awan Cumulus, awan Sratus, awan Cirrus, awan Nimbus. Awan Nimbus adalah awan yang menandakan akan adanya hujan.

Dibawah ini adalah macam macam cuaca :

1. Cuaca cerah

Cuaca cerah adalah cuara yang menyenangkan. Biasanya cuaca cerah ditandai dengan matahari yang bersinar terang, terdapat awan tipis dilangit, apabila matahari tenggelam langit akan berwarna orange atau kekuningan, atau terdapat mega merah. biasanya cuaca cerah tidak terasa panas melainkan sejuk, karena agin akan berhembus perlahan.

2. Cuaca Panas

Cuaca panas sangat dibutuhkan ketika sedang menjemur. Cuaca panas biasa dimanfaatkan oleh para petani garam dan petani bawang merah yang memanfaatkan panas matahari untuk produksi garam dan bawang merah. cuaca panas memiliki suhu udara yang cukup panas, dan cuaca ini sering terjadi di daerah rendah.

3. Cuaca berawan

Cuaca berawan biasanya ditandai dengan awan yang berkumpul yang menandakan bahwa akan terjadi hujan.

4. Cuaca berangin

Cuaca berangin biasanya menyebabkan kerusakan pada bangunan, bisa merobohkan atau hanya menerbangkan bagian bagian ringan saja.

5. Cuaca hujan

Cuaca hujan biasanya ditandai dengan banyaknya awan di langit. Hujan akan turun dalam beberapa musim sesuai dengan bulan dimana angin berhembus.

Cuaca sekarang dapat berubah ubah karena ketidaksesuaian angin dan dapat pula terjadi karena bumi yang mempunyai banyak polusi udara serta penggunaan AC dan Kulkas yang menipiskan atmosfer. Untuk Anda yang membutuhkan alat pemantau cuaca. Bisa hubungi kami di halaman kontak kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Cart (0 items)
No products in the cart.