Tingkatkan Hasil Produksi dengan Pemasangan Ajir

Tingkatkan Hasil Produksi dengan Pemasangan Ajir – Adapun kiat-kiat lain yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan hasil produksi dari tanaman budidaya selain persiapan lahan dan pemilihan benih kualitas unggul yaitu seperti irigasi yang tepat, pencahayaan yang mencukupi dan kebutuhan pupuk yang terpenuhi secara optimal. 

Tingkatkan Hasil Produksi dengan Pemasangan Ajir

Tingkatkan Hasil Produksi dengan Pemasangan Ajir

Hal lain yang tak kalah penting yaitu pengaturan ruang tumbuh kembang tanaman yang didukung oleh pemasangan ajir. Pemasangan ajir yang tepat yaitu salah satu faktor teknis yang mempunyai bagian penting dalam proses pertanian

Di kalangan petani,  ajir sendiri dikenal sebagai alat penegak yang terbuat dari batang bambu atau bahan lainnya yang memiliki kegunaan sebagai penyangga batang, tempat bersandar pohon, atau tempat merambatnya tanaman perdu seperti labu, paria, timun, gambas, kacang panjang, dll. Ajir guna berguna bagi tanaman semusim yang berbuah lebat seperti paprika, tomat dan cabai agar tidak mudah roboh.

Akan tetapi, ajir juga memiliki fungsi-fungsi lainnya selain memberikan rangka yang kokoh bagi tumbuh kembang tanaman. Berikut beberapa fungsi ajir bagi tumbuh kembang tanaman budidaya, antara lain :

  1. Sebagai penopang tanaman agar tidak terkoyak atau mudah roboh karena adanya kontak dari aktivitas fisik lainnya atau curah hujan tinggi dan tiupan angin.
  2. Mencegah tanaman tidak tumbuh bengkok ke arah samping kanan atau samping kiri dan dapat tumbuh lurus ke arah atas.
  3. Dapat mempercepat proses fotosintesis pada tanaman karena tepat menghadap ke atas cahaya matahari.
  4. Membentuk sirkulasi udara yang baik dengan menciptakan jarak-jarak antara tanaman secara teratur. Hal ini juga dapat menekan munculnya serangan hama penyakit tanaman seperti cendawan dan jamur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Cart (0 items)

No products in the cart.