Produk Agroindustri Unggulan di Indonesia

Produk Agroindustri Unggulan di Indonesia – Berbagai produk yang dihasilkan dari sektor pertanian pada dasarnya merupakan bahan setengah jadi. Untuk meningkatkan daya jual produk agroindustri ini dibutuhkan pengolahan pasca panen yang baik, pengolahan ini juga bertujuan untuk meningkatkan daya simpan.

Produk Agroindustri Unggulan di Indonesia

Di Indonesia sendiri sektor pertanian merupakan sektor unggulan dari negara kita untuk diekspor ke negara lain. Tanah kita yang subur sangat cocok untuk mengembangkan sektor pertanian. Ada beberapa komoditas produk agroindustri unggulan dari negara kita, berikut adalah beberapa produk unggulan tersebut :

Produk Agroindustri Unggulan di Indonesia

1. Coklat / kakao

Produk kakao atau buah coklat merupakan salah satu produk unggulan agroindustri pertanian kita. Akan tetapi sumber daya manusia yang kita miliki belum mampu mengolah produk tersebut menjadi cokelat yang berkualitas tinggi. Akan tetapi belakangan ini sudah mulai bermunculan banyak agroindustri yang mengolah kakao menjadi produk cokelat. Bahkan produk cokelat ini kualitasnya dapat bersaing dengan cokelat impor dari Swiss.

2. Buku / Kertas

Hampir dalam semua bidang khususnya sekolah dan pekerjaan banyak menggunakan kertas, karena produk kertas kita juga bisa menjadi unggulan. Dengan semakin meningkatnya penggunaan kerja akan menjadi tantangan bagi kita untuk bisa mengolah kertas bekas menjadi kertas baru.

3. Roti

Walaupun sebagian besar masyarakat kita mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokoknya, namun produk seperti roti tidak kehilangan daya tariknya. Dengan bahan baku pembuatan roti yang melimpah, sering kali produk roti menjadi komoditas unggulan negara kita.

4. Ban / Karet

Dengan banyaknya hutan pohon karet yang kita miliki membuat produk karet kita seperti ban juga menjadi unggulan di pasar luar negeri. Bahkan produk karet kita juga digunakan oleh pabrik ban yang sudah terkenal seperti Bridgestone.

5. Minyak Kelapa Sawit (CPO)

Minyak kelapa sawit atau CPO bisa dibilang sebagai rajanya produk unggulan pertanian kita, hutan kelapa sawit sendiri menjadi hutan industri terluas di negara kita. Sekitar 80% pasar minyak kelapa sawit dikuasai oleh negara kita, dengan begitu Indonesia mempunyai peluang untuk mengendalikan harga CPO dunia.

6. Rokok Kretek

Rokok kretek adalah produk agroindustri yang sudah ada bahkan sejak zaman penjajahan. Bahkan agroindustri rokok kretek 100% bahannya dapat kita pasok sendiri tanpa harus impor dari negara lain. Meskipun produk rokok sendiri menimbulkan banyak pro dan kontra, namun produk rokok tetap banyak diminati.

7. Gula

Gula yang menjadi salah satu bahan pokok di negara kita banyak digunakan pada berbagai olahan makanan. Akan tetapi untuk saat ini pabrik pengolahan gula tebu sudah banyak berkurang karena kurang dapat bersaing dengan gula rafinasi.

8. Mie Instan

Walaupun Indonesia bukan menjadi negara pemroduksi gandum terbesar, namun produk olahan gandum seperti mie instan kita sudah mendunia dan menjadi unggulan. Negara seperti Hongkong, Malaysia bahkan Eropa ternyata sangat meminati produk mie instan dari negara kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Cart (0 items)
No products in the cart.