Pestisida Alami Pembasmi Hama Tanaman

Pestisida Alami Pembasmi Hama Tanaman – Memelihara tanaman buah dalam pot (tabulampot) atau menanam sayuran sendiri memang lebih bermanfaat, terutama bila ingin memastikan segala sesuatu yang dikonsumsi aman serta bebas bahan kimia. Akan tetapi, memelihara tanaman organik juga tidak semudah yang terlihat. Masalah yang kerap ditemui yakni hama yang sering merusak tanaman.

pestisida alami

 

Solusi paling mudah yaitu dengan menyemprotkan pestisida. Akan tetapi kalau begini caranya tanaman buah serta sayur mayur jadi bersentuhan dengan bahan kimia berbahaya. Ada baiknya beralih ke pestisida alami yang jauh lebih aman. Dapat dibuat dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Berikut merupakan cara yang bisa dicoba.

4 Metode Pembuatan Pestisida Alami, antara lain:

  • Cabai, bawang merah, dan bawang putih

Bahan dapur yang ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa yakni bisa dibuat sebagai bahan pestisida alami. Cara membuat pestisida dari bahan tersebut yakni Blender 2 buah cabai merah besar, 1 buah bawang bombay, dan 1 bonggol bawang putih (terdiri dari 5 sampai 8 siung) dengan takaran 50 ml air. Tambahkan air panas (tidak mendidih) dalam jumlah yang banyak, kemudian diamkan selama 24 jam. Semprotkan pada daun tanaman.

  • Air garam

Air garam memiliki manfaat yang sangat ampuh untuk membunuh serta mengusir ulat serta serangga lain yang kerap memangsa daun tanaman. Caranya cukup mudah yakni dengan melarutkan 2 sendok makan garam dengan air hangat dalam jumlah besar. Biarkan dingin, kemudian gunakan untuk menyemprot tanaman.

  • Minyak sayur dan sabun cuci piring

Cara membuat pestisida alami dari minyak sayur dan sabun cuci piring yakni dengan melarutkan 1 sendok makan minyak sayur, 1 sendok makan sabun cuci piring, serta 100 ml air. Kocoklah campuran tersebut sampai menyatu dan pestisida alami telah siap digunakan.

  • Air jeruk

Membuat pestisida alami dengan bahan kulit jeruk cukup mudah yaitu panaskan 1000 ml air di atas kompor. Ketika mulai mendidih masukkan 300 gram kulit jeruk atau lemon. Segera angkat dan dinginkan. Pestisida yang satu ini efektif untuk menyingkirkan cabuk atau hama berwarna putih yang biasa mengerubungi daun dan juga batang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Cart (0 items)

No products in the cart.