Pentingnya Rumah Semai Pada Tanaman

Pentingnya Rumah Semai Pada Tanaman – nursery house atau sering disebut dengan rumah semai merupakan tempat khusus yang berfungsi sebagai sarana dalam penyemaian tanaman.

Pentingnya Rumah Semai Pada Tanaman

Tahukah Anda bahwa penyemaian merupakan kegiatan yang sangat penting? Apabila penyemaian tidak dilakukan dengan baik maka akan membuat tanaman menjadi tumbuh tidak maksimal. Untuk itu sebagai penunjang keberhasilan pertumbuhan tanaman, maka digunakanlah rumah semai pada tanaman ataupun pada lahan pertanian.

Pentingnya Rumah Semai Pada Tanaman

Lalu mengapa rumah semai sangat penting digunakan ? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan artikel ini sampai selesai. Pada dasarnya ada beberapa alasan yang membuat kita perlu untuk melakukan persemaian di rumah semai atau nursery house. Adapun beberapa alasan tersebut yaitu :

1. Dengan adanya rumah semai tersebut, tentu akan membuat bibit menjadi terlindungi dari kontaminasi tanah.

2. Rumah semai atau nursery house dapat melindungi bibit dari hujan dan juga cahaya matahari yang berlebihan.

3. Dengan adanya rumah semai tersebut membuat bibit menjadi terlindungi dari hama dan juga penyakit.

Itulah beberapa alasan yang membuat kita harus melakukan persemaian di rumah semai. Dengan ketiga alasan tersebut, maka dapat dijadikan sebagai upaya preventif atau upaya pencegahan yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan pertumbuhan bibit hingga bibit tersebut akhirnya akan dilakukan pemindahan untuk ditanam. 

Tidak hanya itu saja, rumah semai juga diperlukan untuk memudahkan proses persemaian yang dilakukan menjadi mudah dikontrol sehingga dapat menjaga kesehatan tanaman dengan baik. Selain itu, bibit pada tanaman tersebut juga dapat tumbuh dengan maksimal dan seragam. Dengan demikian maka kita akan mendapatkan bibit yang sehat dan juga berkualitas.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam pembuatan rumah semai yaitu :

  • Penting sekali untuk memastikan sirkulasi udara yang ada di dalam rumah semai dapat keluar masuk dengan leluasa, sehingga tidak perlu menutup semua sisi rumah semai dengan rapat.
  • Untuk bagian atap, warna penutupnya harus berwarna transparan agar cahaya matahari yang masuk dapat menyinari bibit setiap saat. Atap atau plastik transparan juga harus tebal dan kuat agar dapat menahan paparan air hujan dan melindungi bibit dari rebah.
  • Untuk bagian dinding, tutup sisi – sisinya terdapat jaring – jaring putih agar terhindar dari masuknya hama yang menyerang bibit yang ada di dalam rumah semai tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Cart (0 items)

No products in the cart.