Pengertian dan Contoh Teknologi Nano

Pengertian dan Contoh Teknologi Nano – Kebanyakan orang mungkin belum merasakan manfaat nanoteknolgi, bahkan mungkin belum tahu. Namun penggunaan nanoteknologi dimasa depan dapat sangat membantu kehidupan kita di berbagai bidang. Akan tetapi teknologi yang terbilang baru ini sayangnya sangat minim diinformasikan dan disosialisasikan di Indonesia. Mungkin Anda juga belum terlalu paham dengan nanoteknologi, karenanya mari kita simak pembahasan berikut.

Contoh Teknologi Nano

Pengertian teknologi nano atau nanoteknologi

Teknologi nano atau nanoteknologi adalah sebuah teknik rekayasa yang menggunakan dan mengendalikan material, zat dan sistem yang berukuran sangat kecil. Ukuran disini dapat mencapai 1 nanometer atau sepersatu miliar meter, gambarannya adalah sekitar 50 ribu kali lebih kecil dibandingkan rambut manusia. Teknik bertujuan untuk membuat atom dan molekul menjadi perangkat atau instrumen yang ukurannya sangat kecil.

Dalam mempelajari teknologi nano yang berupa atom dan molekul ini kita membutuhkan mikroskop dan perangkat khusus. Tujuannya adalah untuk membuat perangkat yang sangat kuat dan bertenaga dengan melakukan rekayasa hingga tingkat skala nano untuk mengubah kekuatan, berat hingga daya tahan material.

Salah satu contoh sederhananya adalah zat karbon dalam bentuk grafit yang diaplikasikan pada ujung pensil, kita hanya tahu bahwa ujung pensil ini lembut dan lunak saat diraba. Namun ketika materinya dibuat dalam ukuran nano dapat menjadi bahan yang bahkan lebih kuat dari baja dengan bobot yang 6 kali lebih ringan.

Sedangkan dalam dunia kesehatan, nanoteknologi sudah terbukti dapat menggantikan materi yang seukuran atom atau molekul di dalam sel tubuh pasien yang rusak. Pengaplikasiannya adalah pada proses kemoterapi (chemoteraphy) yang membuat pasien yang sedang dalam perawatan tidak tersakiti dalam penyembuhannya.

Dampak Nanoteknologi atau teknologi nano

Jadi dapat dikatakan bahwa nanoteknologi merupakan lompatan yang sangat berarti dalam teknologi dalam mengubah suatu materi yang tadinya kurang dilirik menjadi sangat berharga. Apabila diterapkan dalam komputer, nanoteknologi tidak hanya bisa membuat ukuran komputer dengan lebih ringkas, namun juga memungkinkan komputer dapat menyelesaikan program besar dengan singkat. Secara umum berikut adalah beberapa dampak nanoteknologi dalam kehidupan kita :

  1. Memungkinkan pengadaan air bersih dengan lebih baik lagi karena pemurnian air dan penghilangan berbagai pengotor air dapat dilakukan dengan metode yang lebih baik.
  2. Di bidang energi sudah ditemukan solar cell yang lebih efisien hingga mobil yang lebih ringan untuk menghemat bahan bakar.
  3. Memudahkan dalam pendeteksian kanker dan berbagai kondisi media lainnya.
  4. Dalam bidang otomotif contohnya adalah seperti smart tires atau ban pintar, jendela anti kabut dan berbagai spare part yang lebih kuat.
  5. Untuk bidang pertahanan sudah ditemukan sensor untuk mendeteksi senjata kimia maupun biologi. Ditemukan pula material yang berpeforma tinggi untuk kepentingan pertahanan.
  6. Dalam kehidupan sehari-hari adalah pengembangan kain anti-kotor hingga peningkatan kualitas peralatan olahraga.

Contoh Teknologi Nano atau Nanoteknologi

Contoh teknologi nano yang sudah banyak digunakan adalah pada bidang pertanian seperti modifikasi benih dan pupuk, pengemasan makanan hingga energi yang ramah lingkungan. Penerapan dalam bidang pertanian dapat membantu petani dalam meningkatkan hasil produksi mereka dengan penggunaan sumber daya yang efisien. Hasil akhirnya adalah membantu meningkatkan pendapatan dengan biaya produksi yang minim.

Pengembangan baterai menggunakan materi nano adalah contoh dalam bidang teknologi agar baterai dapat digunakan lebih lama dengan waktu isi ulang yang cepat. Pengembangan baterai ini juga dapat diterapkan pada mobil listrik sehingga dapat lebih menghemat bahan bakar minyak. Pengembangan material dalam teknologi nano juga dapat diterapkan dalam dunia penerbangan. Hal ini memungkinkan diciptakan pesawat yang memiliki bobot jauh lebih ringan namun mempunyai kekuatan yang lebih baik sehingga menghemat bahan bakar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Cart (0 items)
No products in the cart.