Pengaruh Suhu Pada Pertumbuhan Tanaman

Pengaruh Suhu Pada Pertumbuhan Tanaman – Dalam proses kehidupan, berbagai jenis tanaman yang begitu banyak membutuhkan suhu yang sesuai dengan masing-masing kebutuhannya. Selain air, cahaya, ataupun pupuk dan sebagainya, suhu memiliki dampak yang tidak kalah penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Suhu mempunyai dampak terhadap laju metabolisme, fotosintesis, respirasi, dan juga transpirasi tumbuhan.

pengaruh suhu terhadap tanaman

Selain itu suhu juga mempengaruhi beberapa proses fisiologis penting, seperti bukaan stomata, laju penyerapan air dan juga nutrisi. Peningkatan suhu hingga titik optimum akan diikuti oleh peningkatan proses di atas. Setelah melewati titik optimum, proses tersebut mulai dihambat, baik secara fisik ataupun kimia, menurunnya aktivitas enzim (enzim terdegradasi).

Pengaruh Suhu Pada Pertumbuhan Tanaman

Suhu tinggi merusakkan enzim sehingga metabolisme tidak dapat berjalan baik. Begitupun suhu rendah dapat menyebabkan enzim tidak aktif dan metabolisme terhenti. Oleh sebab itu, tumbuhan mempunyai suhu optimum antara 10 hingga 38 derajat celcius. Adapun tumbuhan tidak akan bertahan pada suhu di bawah nol derajat celcius serta di atas 40 derajat celcius.

Pengaruh suhu atas lengas tanah Peningkatan suhu disekitar iklim mikro (iklim dalam satu wilayah spesifik) tanaman akan menyebabkan cepat hilangnya kandungan lengas tanah. Lengas tanah adalah air yang mengisi sebagian dan atau seluruh pori tanah. Peranan suhu ada keterkaitannya dengan kehilangan lengas tanah, yang melewati mekanisme transpirasi dan juga evaporasi.

Peningkatan suhu, terutama suhu tanah serta iklim mikro di sekitar tanaman akan mempercepat kehilangan lengas tanah terutama pada musim kemarau. Pada musim kemarau, peningkatan suhu iklim mikro tanaman memiliki pengaruh negatif terhadap pertumbuhan serta perkembangan tanaman terutama pada daerah yang lengas tanahnya terbatas.

Pada tanaman hortikultura seperti beberapa tanaman buah, bunga, sayuran, dan obat-obatan, suhu merupakan faktor penting dalam pembentukan primordia bunga. Dalam pembentukan bunga tanaman, diperlukan suhu optimal, yakni suhu yang dibutuhkan oleh sebuah tanaman dalam pembentukan primordia bunga. Dalam pembentukan bunga, tanaman membutuhkan suhu optimal untuk pembentukan primordia bunga.

Pengaruh suhu pada pertumbuhan tanaman Suhu yang diperlukan dalam sebuah pertumbuhan serta perkembangan tanaman dikenal sebagai suhu kardinal, yang meliputi suhu optimum, suhu minimum dan juga suhu maksimum. Setiap suhu kardinal tanaman itu tentunya berbeda-beda, tergantung pada jenis tanamannya. Suhu di bawah batas maksimum atau pun di atas optimum tidak akan pernah baik untuk tanaman, keadaan seperti ini disebut suhu ekstrim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Cart (0 items)

No products in the cart.