Panen dan Pasca Panen Lada

Pasca Panen Lada – Lada merupakan jenis tanaman yang dikenal sebagai rajanya rempah – rempah karena memiliki keunggulan dan keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan budidaya rempah yang lainnya. Selain itu dengan nilai jual lada yang cukup tinggi membuatnya banyak dibudidayakan. Biasanya dalam sekali tanam, pohon lada dapat terus melakukan panen hingga usia tanaman ini mencapai 15 tahun.

Tanaman lada dapat dilakukan produksi jika tanaman sudah berusia 2 tahun. Kemudian untuk panen selanjutnya dapat dilakukan setiap tahun hingga tanaman lada tersebut menginjak usia 10 tahun. Pada saat panen pertama, tanaman ini biasanya akan menghasilkan lada sekitar 200 gram lada kering. Lalu untuk panen berikutnya panen akan meningkat hingga beratnya mencapai kurang lebih sekitar 300 gram, dan lada yang dihasilkan merupakan jenis lada kering atau tanaman.

Panen dan Pasca Panen Lada

Setiap jenis lada mempunyai masa panen yang berbeda-beda, namun umumnya masa panen ini sama seperti halnya lada panjat. Yang dimaksud lada panjat yaitu lada hitam dan lada putih. Perlu diketahui bahwa untuk tanaman lada yang sudah siap panen memiliki ciri-ciri tangkai biji dan buah yang terlihat mulai menguning dan serta warna buah yang kuning kemerahan, dengan demikian artinya lada tersebut siap dipanen.

Cara memanen tanaman lada ini merupakan hal yang cukup mudah dilakukan, caranya yaitu hanya perlu mematahkan tangkai buah pada ketiak dahan menggunakan tangan. Akan tetapi dalam melakukan proses panen, perlu hati hari agar tidak merusak tanaman lada yang belum masak atau belum siap panen. Dan waktu memanen yang tepat dilakukan yaitu ketika pagi hari atau sore hari, jadi usahakan untuk memanen pada waktu tersebut.

Apabila kamu melakukan penanaman lada dengan baik dan benar, tanaman tersebut dapat dipanen secara terus menerus hingga usia produktif tanaman sekitar 8 –  5 tahun sesuai dengan varietas bibit lada yang ditanam. Dengan demikian, tidak heran jika banyak petani yang melakukan budidaya lada. Melalui budidaya tanaman lada, kita dapat meningkatkan tingkat produksi lada nasional, menghindari fluktuasi harga lada, serta menekan biaya produksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Cart (0 items)
No products in the cart.