Meningkatkan Sektor Pertanian Dengan Inovasi Teknologi

Meningkatkan Sektor Pertanian Dengan Inovasi Teknologi – Rupanya sektor pertanian terbukti tangguh dalam melalui masa sulit yang terjadi pada tahun 2020 lalu. Pada saat dihadapkan dengan pandemi  yang secara tiba – tiba menghempas dinamika pertumbuhan ekonomi dari berbagai sektor.

Meningkatkan Sektor Pertanian Dengan Inovasi Teknologi

Meningkatkan Sektor Pertanian Dengan Inovasi Teknologi

Namun sektor pertanian justru mengalami pertumbuhan yang positif dan stabil. Pertumbuhan dalam sektor pertanian mengalami berjalan pada angka sekitar 2% semenjak kuartal ke-II. Selain itu, sektor pertanian juga secara signifikan melakukan kontribusi dalam peningkatan indeks harga perdagangan besar.

Peningkatan indeks harga perdagangan besar tersebut terjadi pada bulan Desember 2020 yang mengalami peningkatan senilai 0,54%. Hal tersebut juga didominasikan oleh komoditas cabai merah sebesar 0,12%. Kenaikan tersebut rupanya dibarengi juga dengan penyerapan tenaga kerja yang ikut mengalami peningkatan sebanyak 2,23% menjadi 38,23 juta tenaga kerja pada sektor pertanian.

Dengan adanya hal tersebut rupanya menunjukkan adanya pergeseran terhadap penyerapan tenaga kerja dalam sektor pertanian. Selain itu, mengingat dengan adanya pandemi Covid-19 yang berdampak pada lebih dari 29 juta tenaga kerja yang mengalami terjadinya penurunan pendapatan, dirumahkan, bahkan hingga pemutusan hak kerja.

Akan tetapi, hal tersebut ternyata tidak cukup untuk meningkatkan produktivitas di sektor pertanian yang masih berada di bawah rata – rata produktivitas ekonomi nasional. Maka dari itu, akhirnya dilakukan identifikasi lapangan yang dapat memberikan petunjuk pada salah satu sebabnya.

Ternyata setelah melakukan identifikasi lapangan, adapun petunjuk yang di dapatkan yaitu adanya kekurangan pada penggunaan teknologi terkini. Dengan adanya penerapan teknologi dan aktualisasi serta implementasi di lapangan, rupanya hal tersebut perlu dijadikan sebagai prioritas dalam pengembangan pertanian modern khususnya dalam meningkatkan produksi komoditas hortikultura di luar musim tanam. 

Adapun upaya pemerintah untuk meningkatkan produktivitas dilakukan melalui rencana distribusi alat dan mesin pertanian dalam bentuk cultivator, pompa air, hand sprayer, traktor roda dua, dan sebagainya. Tidak hanya itu saja, dalam hal lain dengan adanya dukungan berbagai pihak berperan dalam meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pertanian yang baik di kalangan petani perlu untuk dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Cart (0 items)

No products in the cart.