Manfaat Teknologi Nano Dalam Kehidupan

Manfaat Teknologi Nano Dalam Kehidupan manusia sangatlah luas, bahkan beberapa contohnya telah kita bahas pada pengertian dan contoh teknologi nano. Hingga saat ini nanoteknologi masih terus dikembangkan untuk memudahkan kehidupan kita. Mungkin masih banyak orang yang belum tahu akan hal ini, namun hasil dari pengembangan teknologi ini telah banyak kita nikmati.

Manfaat Teknologi Nano Dalam Kehidupan

Nyatanya berbagai produk pengembangan dari teknologi nano telah banyak digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Berikut adalah beberapa manfaat teknologi nano dalam kehidupan kita sehari-hari :

Manfaat Teknologi Nano

1. Mengatasi Perubahan Iklim

Salah satu faktor yang menyebabkan perubahan iklim adalah penggunaan teknologi yang terlalu masif. Dengan pengembangan nanoteknologi berupa baterai dengan kapasitas yang lebih besar dan penemuan panel surya dapat berkontribusi dalam menekan perubahan iklim. Selain itu masih banyak pengembangannya dalam bidang teknologi yang berperan dalam mengatasi perubahan iklim.

2. Big Data

Dengan semakin banyak penggunaan data maka akan semakin banyak informasi yang harus diolah, karenanya diperlukan teknologi yang mampu melakukannya dengan baik. Big data adalah salah satu contohnya, penerapannya dapat digunakan pada sensor lalu lintas guna mengelola kemacetan untuk mencegah kecelakaan hingga kejahatan. Pengembangan lain adalah pada memori penyimpanan data yang kini dapat lebih ringkas dengan kapasitas yang jauh lebih besar.

3. Kayu Transparan, Material Kaca di Masa Depan

Pengembangan lainnya adalah dengan ditemukannya material kayu yang wujudnya tembus pandang oleh Ilmuwan dari University of Maryland. Bahkan material ini di klaim mempunyai kekuatan yang setara bahkan lebih dari baja dengan bobot yang jauh lebih ringan.

Dalam pembuatannya, kayu akan dihilangkan zat ligninnya atau zat pemberi warna kayu. Kemudian kayu akan disuntikkan epoxy pada pembuluhnya agar kayu lebih kuat dengan menjaga serat nano selulosa sekaligus membuatnya transparan. Bila dikembangkan lebih lanjut maka kaca dari material kayu ini akan lebih baik karena tidak mudah pecah.

4. Manfaat Nano Teknologi Untuk Transplantasi Organ Tubuh

Transplantasi organ tubuh terbukti telah menyelamatkan banyak nyawa, namun begitu tingkat keberhasilannya masih kecil. Dengan nanoteknologi dapat membantu meningkatkan tingkat keberhasilannya, kini para ilmuwan telah berhasil menghidupkan kembali organ yang dibekukan secara aman dengan bantuan partikel nano.

Selama ini banyak pendonor yang mendonorkan organnya menjadi sia-sia karena organ tersebut hanya dapat bertahan selama 4 – 36 jam saja. Karenanya organ akan dibekukan, kemudian saat dibutuhkan akan dicairkan, namun hal ini justru dapat merusak sel-sel organ. Penggunaan nanoteknologi dalam pencairan organ telah terbukti karena organ tidak menampilkan tanda-tanda kerusakan.

5. Kemampuan Penyembuhan Diri

Bukan tidak mungkin di masa depan akan dikembangkan lapisan nanoteknologi atau aditif yang dapat menyembuhkan diri ketika rusak atau aus. Gambarannya adalah dengan menyebarkan nanoteknologi ke seluruh material, maka saat terjadi retakan partikel nano akan menutupnya. Hal ini dapat diterapkan pada berbagai teknologi seperti bodi pesawat, mikroelektronika, dan sebagainya.

6. Pembangkit Listrik Tenaga Aliran Darah Manusia

Mungkin ini terdengar masih aneh, namun prinsipnya adalah sama seperti menggunakan turbin yang digerakkan oleh aliran air untuk menghasilkan energi listrik. Bukan tidak mungkin di masa depan akan dikembangkan sebuah turbin mini dengan ukuran mini atau nanogenerator yang dapat memanfaatkan aliran darah manusia.

Generator ini kemudian dapat dipasang di arteri manusia untuk menghasilkan listrik. Listrik ini kemudian dapat digunakan untuk sumber listrik peralatan yang dipasang pada manusia seperti sensor tekanan darah hingga alat pacu jantung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Cart (0 items)
No products in the cart.