Manfaat Garam Himalaya

Manfaat Garam Himalaya – Pernahkah Anda mendengar tentang Garam Himalaya atau himsalt, jenis garam ini berbeda dengan garam dapur biasanya. Garam ini diyakini berumur sekitar 250 juta tahun lalu di bawah kaki pegunungan Himalaya yang terkubur oleh lapisan lava, salju dan es.

Pengertian Garam Himalaya

Garam Himalaya sendiri adalah garam yang berbentuk kristal atau rock salt yang berasal dari tambang garam tertua dan terbesar di dunia. Tambang ini berada di Pakistan tepatnya di Khewra, distrik Jhelum di Punjab. Tambang ini diyakini oleh para ahli geologi sudah ada atau terbentuk sejak 800 juta tahun lalu.

Manfaat Garam Himalaya

Garam Himalaya juga diyakini sebagai garam paling murni di dunia karena dilindungi oleh lapisan lava dari polusi udara. Dengan berbagai kandungan zat besi natural yang ada di dalamnya membuat garam himalaya mempunyai warna unik yaitu pink, merah dan putih.

Manfaat Garam Himalaya Untuk Tubuh

Dengan kandungan zat seperti sulfat, kalsium, potasium, magnesium dan fluoride serta 84 kandungan zat lainnya membuat garam ini mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh. Berbeda dengan garam dapur biasa yang diproses terlalu berlebihan sehingga kehilangan banyak mineral pentingnya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa manfaat garam himalaya untuk tubuh :

1. Mengandung Iodine Natural

Karena termasuk garam paling murni di dunia, kandungan iodine yang ada di dalam garam ini dapat dikatakan sebagai mineral organik. Berbeda dengan garam dapur pada umumnya, kandungan iodine di dalam garam dapur merupakan mineral tambahan yang diberikan ke dalamnya.

Iodine sendiri dibutuhkan oleh tubuh kita untuk menjaga kesehatan kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid mempunyai fungsi untuk mengatur keseimbangan metabolisme dan hormon di dalam tubuh. Iodine ini juga merupakan mineral yang berfungsi untuk mencegah penyakit seperti stroke, gondok dan kretinisme.

2. Mengurangi Tekanan Darah

Haram Himalaya sendiri mengandung sodium yang lebih rendah dari garam dapur umumnya. Kandungan sodium di dalam garam Himalaya sekitar 420 mg, sedangkan dalam garam dapur umumnya adalah sekitar 2.300 mg. Tubuh kita sendiri hanya boleh mengkonsumsi sodium tidak lebih dari 2.300 mg untuk satu harinya. Konsumsi sodium yang berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

3. Mengurangi Otot yang Kram

Apakah Anda pernah mendengar apabila kita mengalami otot kram sebaiknya mengkonsumsi pisang? Buah yang satu ini mengandung magnesium yang berfungsi untuk menyeimbangkan elektrolit tubuh. Hal ini dapat berguna untuk menjaga kesehatan kontraksi otot. Selain itu zat elektrolit lainnya yang dapat berfungsi untuk meredakan kram adalah seperti sodium, potasium dan kalsium. Di dalam garam himalaya sendiri mengandung semua mineral tersebut.

4. Menjaga Keseimbangan pH Tubuh

Kadar pH tubuh yang tidak seimbang dapat menyebabkan berbagai masalah seperti kenaikan berat badan hingga kerusakan organ ginjal. Kandungan sodium dan elektrolit yang ada dalam garam himalaya dapat berfungsi untuk menyeimbangkan kadar pH tubuh kita.

5. Membantu Sistem Pernapasan

Garam himalaya mengandung suatu zat yang berfungsi sebagai anti-inflamasi dan anti-bakteri untuk mengurangi lendir sekaligus meningkatkan transportasi mukosiliar yang akan mengeluarkan patogen tubuh. Dengan begitu mengkonsumsi garam himalaya juga akan membantu melancarkan sistem pernafasan.

6. Mengatasi Masalah Insomnia

Tahukah Anda, kekurangan sodium (kurang dari 500 mg/hari) dapat menyebabkan kita mengalami insomnia. Kandungan sodium yang ada dalam garam himalaya dapat membantu mengatur keseimbangan elektrolit yang membuat kita tidur dengan nyenyak.

7. Menghilangkan Selulit

Selulit yang merupakan timbunan lemak di bawah kulit adalah hal yang normal. Namun bagi para wanita yang ingin mempunyai kulit mulus dan bebas selulit tentu ingin mengurangi kandungan selulit ini. Meskipun tidak dapat dihilangkan sepenuhnya, namun kandungan selulit ini dapat dikurangi. Anda dapat menggunakan garam himalaya sebagai scrub untuk mengurangi kandungan selulit tubuh.

8. Detoksifikasi

Berendam menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam himalaya membuat tubuh dapat menarik mineral penting dalam garam sekaligus mengeluarkan racun. Selain itu hal ini juga dapat merangsang sistem saraf parasimpatis yang berguna membuat tubuh merasa rileks.

9. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Untuk memproses makanan yang kita konsumsi, sistem pencernaan kita membutuhkan berbagai enzim. Makanan yang mengandung garam himalaya dapat merangsang asam klorida dan enzim tertentu untuk membantu sistem pencernaan tubuh kita. Selain itu, kandungan garam himalaya dalam makanan juga akan membantu penyerapan nutrisi dalam makanan yang kita konsumsi.

10. Mencegah Penuaan

Manfaat garam himalaya lainnya adalah mencegah penuaan dengan mengurangi keriput, kusam dan wajah kering. Untuk mendapatkan manfaat ini Anda dapat mencampurkan garam himalaya dengan air kemudian diaplikasikan ke wajah namun hindari jangan sampai mengenai mata. Mineral dalam garam yang diserap oleh kulit akan membuat wajah terasa lebih kencang dan cerah.

11. Menghilangkan Jerawat

Kandungan sebum yang berlebihan dalam kulit dapat menyebabkan jerawat dan komedo. Garam himalaya sendiri dapat kita gunakan untuk menghilangkan jerawat. Caranya adalah dengan mencampurkan garam himalaya dengan essential oil dan madu, kekentalan campuran dapat kita atur sendiri sesuai dengan keinginan. Campuran ini akan membantu memberikan efek detoksifikasi untuk menghilangkan sel kulit mati serta minyak yang berlebihan pada wajah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Cart (0 items)
No products in the cart.