Alat ukur intensitas cahaya atau Lux Meter adalah alat yang berfungsi untuk mengukur besaran intensitas cahaya pada suatu tempat. Alat ini bekerja menggunakan sebuah sensor atau sel foto yang akan menangkap cahaya pada suatu tempat. Sensor ini kemudian akan mengirim cahaya ke bagian pemrosesan untuk diperhitungkan besarnya intensitas cahaya tersebut.

Fungsi Lux Meter – Alat ukur intensitas cahaya

Seperti yang telah disebutkan bahwa alat ini akan mengukur besarnya intensitas cahaya pada suatu ruangan. Dalam sebuah bangunan seperti halnya kantor tentu kebutuhan pencahayaan setiap ruangan pastilah berbeda. Sebagai contohnya ruang kerja tentu membutuhkan pencahayaan yang tidak sama dengan ruang meeting dan kamar mandi.

Dengan lux meter atau alat ukur intensitas cahaya kita dapat mengetahui kebutuhan pencahayaan yang tepat untuk setiap ruangan, sehingga kita dapat menentukan kebutuhan lampu sesuai dengan ruangannya. Pencahayaan yang tepat akan membuat orang yang ada di ruangan tersebut merasa nyaman dan tidak cepat membuat mata lelah.

Jenis Lux meter – Alat ukur intensitas cahaya

Lux meter sendiri pada perkembangannya mempunyai 2 jenis yang dibuat, keduanya mempunyai fungsi yang sama akan tetapi hanya berbeda pada media pengukurannya. Berikut jenis lux meter atau alat ukur intensitas cahaya yang umum digunakan :

1. Lux meter Analog

Jenis lux meter analog digunakan untuk mengetahui besarnya intensitas cahaya memakai 2 skala yaitu yang ada di bagian atas dan bawahnya. Keduanya menggunakan skala 60 yang digunakan untuk menentukan besar kecilnya intensitas cahaya.

2. Lux Meter Digital

Dibandingkan jenis analog, lux meter digital lebih disukai karena lebih mudah dan praktis dalam digunakan. Selain itu, hasil pengukuran juga lebih cepat didapatkan. Lux meter digital umumnya mempunyai 3 skala pengukuran yaitu A, B dan C.

Bagian Lux Meter

1. Layar Panel

Layar ini berfungsi untuk menampilkan hasil pengukuran dan pengaturan yang digunakan.

2. Tombol Power On / Off

Berfungsi untuk mematikan atau menghidupkan alat.

3. Tombol Range

Tombol range berfungsi untuk menentukan range pengukuran yang diinginkan.

4. Zero Adjust VR

Fitur yang digunakan untuk mengkalibrasi alat ukur agar kembali ke pengaturan default.

5. Sensor Cahaya

Bagian alat yang berfungsi untuk menangkap cahaya dan nantinya akan diteruskan ke bagian pemrosesan.

My Cart (0 items)

No products in the cart.