Kandungan dan Manfaat Lada

Manfaat lada – Lada merupakan salah satu tanaman buah mentah yang termasuk dalam jenis tanaman rempah dengan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Sejauh ini, lada terbukti mampu menyembuhkan berbagai kondisi penyakit tertentu seperti, sakit perut, bronkitis, malaria, serta kolera. Selain itu, lada berguna sebagai pestisida nabati yang didalamnya mengandung zat racun. Dengan demikian lada dapat digunakan sebagai insektisida pembunuh serangga. Dan ekstrak kasar pada lada juga sangat toksit terhadap hama kapas.

Kandungan dan Manfaat Lada

Berdasarkan pengujian  yang telah dilakukan, bahwa di dalam satu sendok teh lada terdapat berbagai kandungan nutrisi seperti 6 kalori, 0,2 gram protein, 1,4 gram karbohohidrat, 0,6 gram serat. Selain itu, didalam lada juga terdapat juga kandungan seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, vitamin A, B1, B2, B3, B6, dan vitamin K.

Manfaat Lada untuk Kesehatan

Tidak hanya itu, didalam lada juga terdapat kandungan minyak atsiri yang dapat menghasilkan aroma pada tanaman lada tersebut. Kemudian untuk cita rasa rasa pedas yang terdapat pada lada itu dihasilkan dari adanya zat piperin, piperanin, dan chavicin yang merupakan persenyawaan dari piperin dengan semacam alkaloid. Berikut beberapa manfaat lada untuk kesehatan kita :

1. Meredakan Hidung Tersumbat

Lada memiliki kandungan dekongestan alami yang dapat mencairkan penumpukan lendir pada saluran pernafasan. Manfaatnya dapat diperoleh dengan cara mencampurkan lada pada masakan berkuah, seperti sop. Oleh karena itu ketika menalami hidung tersumbat, lada dapat menjadi salah satu alternatif untuk meredakan kondisi tersebut.

2. Mencegah Kerusakan Sel

Untuk mencegah terjadinya kerusakan sel didalam tubuh yang disebabkan karena radikal bebas, tubuh kita memerlukan asupan antioksidan yang cukup. Pada tumbuhan lada ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan baik. sehingga dapat membantu dalam mencukupu asupan antioksidan dalam tubuh. Selain itu, biji lada juga memiliki efek anti radang yang dapat mencegah terjadinya kerusakan sel dalam tubuh manusia.

3. Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Berdasarkan uji laboratorium yang telah dilakukan, ekstrak pada lada dapat menghambat pertumbuhan bakteri seperti E. coli, Listeria, Salmonella, dan Staphylococcus, karena didalam kandungan lada memiliki sifat antibakteri alami. Karena sifat lada yang memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah berbagai bakteri berkembang pada makanan.

4. Membantu Mengobati Penyakit Lambung

Ekstrak yang terdapat pada lada hitam memiliki efek anti radang dan antibakteri yang sangat ampuh dalam menghambat perkembangan bakteri H. pylori yang dapat menyebabkan terjadinya tungkak pada lambung. Sejauh ini, lada sangat bermanfaat  untuk membantu orang kesulitan ketika menelan, biasanya terjadi pada lansia.

5. Mampu Meredakan Radang Sendi

Di dalam tanaman buah ladaini juga memiliki kandungan piperin yang memiliki sifat antiradang sehingga dapat diaplikasikan untuk mengurangi peradangan dan nyeri pada penderita arthritis. Dalam pee uji laboratorium yang telah dilakukan, piperin pada lada berguna untuk menghambat hormon prostaglandin serta zat interleukin yang dapat memicu peradangan pada sendi. Namun,  penelitian ini masih sebatas uji coba terhadap hewan.

6. Mengontrol Gula Darah

Kandungan minyak yang ada didalam lada diprediksi dapat mencegah diabetes tipe 2. Bahkan berdasarkan uji penelitian laboratorium menyatakan bahwa kandungan piperin pada lada mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah. Namun, selain itu pada penelitian lain mengatakan piperin berguna untuk menghambat enzim amilase dalam memecah pati menjadi glukosa. Dengan demikian, kedua penelitian ini masih sebatas uji coba terhadap pada hewan, dan belum ada penelitian yang memastikan manfaat lada sebagai obat diabetes pada manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Cart (0 items)
No products in the cart.