Jenis Jenis Lada

Jenis Jenis LadaLada atau pada umumnya dikenal dengan sebutan merica, biasanya disebut juga dengan nama sahang. Lada juga memiliki nama latin yaitu Piper nigrum yang merupakan sebuah tanaman kaya akan kandungan kimia seperti minyak lada, minyak lemak dan juga pati.  Tanaman ini bersifat sedikit pahit, pedas, hangat, dan antipiretik.

Jenis Jenis Lada

Banyak yang mengatakan bahwa lada merupakan rajanya rempah-rempah karena tingkat kebutuhan tanaman ini cukup tinggi di berbagai penjuru. Lada juga merupakan salah satu tanaman yang berkembang biak dengan biji. Perkembangan lada semakin tahun semakin meningkat, hingga mencapai tahun 2000 kebutuhan lada didunia sudah mencapai 280.000 ton.

Jenis jenis Lada

Bumbu dapur yang memberikan rasa pedas ini banyak digunakan sebagai penyedap rasa dalam masakan. Mungkin selama ini kita hanya tahu jenis lada hanyalah lada hitam dan putih, namun sebenarnya masih banyak jenis lainnya. Berikut adalah beberapa jenis lada yang dibudidayakan :

1. Lada Hijau

Jenis ini merupakan jenis tanaman yang mempunyai rasa segar dan aromatik namun tidak pedas. Lada hijau ini memiliki warna kulit luar yang masih hijau, karena tanaman ini dipetik jauh-jauh hari sebelum buah merica matang. Dipasaran lada ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi harganya. karena proses pengawetan yang dilakukan pada lada ini lebih lama sedangkan jumlahnya lebih sedikit.  

2. Lada Merah Jambu

Lada ini merupakan buah jenis beri mentah yang berasal dari pohon lada di Brazil. Dalam perdagangan dan buku masak, jenis lada ini biasanya disebut sebagai lada merah. Lada jenis ini juga bisa ditemukan di berbagai daerah seperti California, Arizona, Florida, dan Texas. Lada ini memiliki rasa yang lembut dan lebih asam, dengan sedikit rasa manis, oleh karena itu nilai jualnya cukup tinggi dan sulit ditemui dipasaran. Biasanya lada merah jambu ini digunakan menjadi bahan campuran dengan bumbu lain.

3. Lada Merah

Beberapa orang jenis lada merah merupakan jenis lada yang memiliki warna merah terang ketika sudah benar-benar matang. Lada ini memiliki aroma yang kompleks dengan pedas dan panas. Lada merah dapat digunakan ketika kondisinya masih segar , akan tetapi jenis lada merah ini dapat cepat rusak. Dengan demikian untuk melakukan penyimpanan lada merah ini dapat disimpan pada air asin, freeze dried, air dried.

4. Lada Putih

Lada putih merupakan jenis tanaman lada yang sudah matang dengan bagian kulit luar yang sudah hilang terkelupas. Lada putih ini memiliki aroma yang sederhana dengan rasa pedas yang tajam. Biasanya lada putih ini banyak digunakan untuk campuran bumbu pada olahan sup, kentang, ataupun saus.

5. Lada Hitam

Jenis ini merupakan buah lada matang tapi tidak terlalu matang, dengan buah lada berwarna hijau yang sudah mulai menguning. Rempah lada hitam merupakan jenis lada yang paling terkenal di Amerika Serikat. Sebelum dikonsumsi, ada beberapa proses yang harus dilakukan seperti merebus biji lada setelah dipetik, kemudian melakukan fermentasi  dan mengeringkan secara alami dibawah terik sinar matahari sam pai biji lada tersebut mengeriput dan menghitam. Lada hitam memiliki cita rasa yang pedas, panas dan aromatik. 

6. Lada Szechuan

Lada yang namanya cukup sulit ini merupakan jenis tanaman buah beri dengan aromatik yang khas, sehingga banyak digunakan untuk campuran hidangan berempah. Pada dasarnya ini adalah jenis buah beri yang berasal dari pohon Ash yang ada di cina. Kemudian berkembang , tumbuh dan akhirnya banyak di konsumsi di wilayah asia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Cart (0 items)
No products in the cart.