Jenis Dinding Untuk Rumah dan Bangunan

Jenis Dinding – Dinding ialah salah satu komponen bangunan yang memiliki fungsi untuk memisahkan serta membentuk ruangan. Fungsi lain dari dinding yakni sebagai pendefinisi ruangan, peredam suara, melindungi bagian dalam bangunan dari paparan sinar matahari, hujan, maupun binatang dan lain sebagainya.

 

jenis dindingBerdasarkan fungsinya, dinding dibagi menjadi beberapa bagian antara lain dinding partisi, dinding pembatas, dinding penahan dan masih banyak lagi. Berikut beberapa fungsi dari dinding yaitu:

  • Pemisah antar ruang bagian dalam, luar, samping,depan dan belakang.
  • Pembentuk daerah fungsi (zoning) dalam bangunan. Ruang tidur dengan ruang dapur dan ruang-ruang lainnya dipisahkan oleh dinding dan masing-masing ruangan memiliki fungsi yang berbeda.
  • Menjadi pelindung dari pengaruh di lingkungan luar tempat kita tinggal dan beraktivitas.
  • Menambah keindahan pada bangunan, pada rumah dan bangunan modern kerapkali menampilkan dinding luar di ekspose sedemikian rupa untuk menambah daya tarik suatu bangunan tersebut.
  • Pada bentuk bangunan tertentu dinding memiliki fungsi sebagai pemikul beban (shear wall), Biasanya terdapat pada bangunan dengan denah yang tidak teratur serta bertingkat, hal ini untuk mengurangi gaya geser berlebihan yang akan diterima bentuk bangunan sehingga bangunan tersebut aman terhadap bahaya roboh.

Jenis Dinding Untuk Rumah Anda

Teknologi menghadirkan fungsi baru dari dinding dan menyajikan beragam jenis finishing-nya. Dan berikut beberapa jenis dinding antara lain :

1. Dinding Batu Bata

Dinding batu bata merupakan dinding yang paling sering digunakan dalam pembangunan baik perumahan sederhana ataupun pembangunan gedung-gedung yang berukuran besar. Karena itu pemasangan batu bata memiliki nilai seni tersendiri dalam sistem pemasangannya dalam struktur bangunan atau dinding. Pembuatan batu bata harus memenuhi peraturan umum untuk bahan bangunan di Indonesia NI-3 serta peraturan batu bata merah sebagai bahan bangunan NI-10.

Dan kelebihan dari dinding batu bata yaitu Kuat serta tahan lama, Kedap air, sehingga sedikit terjadi rembesan pada tembok yang disebabkan air hujan, Keretakan relatif jarang terjadi.
Akan tetapi, batu bata memiliki kekurangan tersendiri yaitu biaya yang cukup tinggi, Waktu pemasangan yang memakan waktu dibandingkan batako dan bahan dinding lainnya.

2. Dinding Batako

Batako pres ini dibuat dari campuran semen PC dan pasir atau abu batu. Jenis dinding ini ada yang dibuat secara manual dengan menggunakan tangan, ada juga yang menggunakan mesin. Proses pembuatannya menggunakan cetakan yang dipres secara maksimal, kemudian dibakar dengan tungku khusus, dengan panas yang tinggi. Ukuran harus tepat sehingga pemasangannya tidak memerlukan plesteran.

Kelebihan dari dinding batako pres yaitu pemasangan batako lebih cepat, Kedap air sehingga sangat kecil terjadinya rembesan air, Penggunaan rangka beton pengakunya lebih luas, antara 9 sampai 12 m2. Akan tetapi dinding batako pres memiliki kekurangan yakni harga dinding batako pres relatif lebih mahal dibanding batako tras, Mudah terjadi retak rambut pada dinding, Mudah dilubangi karena terdapat lubang pada bagian sisi dalamnya.

3. Dinding Bata Kapur

Dinding bata kapur memiliki ukuran 8 cm x 17 cm x 30 cm. Dinding ini sering digunakan pada rumah-rumah di pedesaan, perumahan rakyat,pagar pembatas tanah, dan juga rumah sederhana. Dinding bata kapur ini dibuat dari campuran tanah liat dengan kapur gunung. Waktu pemasangan pun cepat dan sedikit memakaian adukan semen-pasir. Jika sudah terpasang dan diplester dinding ini tidak akan terlihat dari tanah dan kapur. Dinding ini membutuhkan kolom pengaku (kolom praktis) setiap 2,5 m.

4. Dinding Bata Hebel Atau Celcon

Bata hebel dibuat menggunakan mesin pabrik. Dinding bata hebel atau celcon merupakan material bangunan pembentuk dinding dengan mutu yang relatif tinggi. Dinding jenis ini dapat tidak di plester, cukup di aci saja karena permukaannya yang sudah rata serta permukaan batu yang lebar. Hanya saja ketebalan kusennya harus disesuaikan.

Selain itu, dalam penerapan pemasangan sedikit bahan yang terbuang percuma. Bata ini cukup ringan, halus, dan juga memiliki tingkat kerataan yang baik. Bisa langsung ditambahkan aci tanpa harus diplester terlebih dulu, dengan menggunakan semen khusus. Bahan dasar acian atau semen tersebut yaitu pasir silika, semen, filler, dan zat aditif. Untuk menggunakannya, semen ini hanya dicampur dengan air. Akan tetapi, bisa juga menggunakan bahan seperti pemasangan batako.

Kelebihan dari dinding bata hebel atau celcon yakni kedap air sehingga sangat kecil kemungkinan terjadinya rembesan air, pemasangan lebih cepat dengan pemotongan yang lebih mudah dengan menggunakan gergaji, penggunaan rangka beton pengakunya lebih luas, antara 9 sampai 12, ringan, tahan api, dan mempunyai kekedapan suara yang baik. Kekurangan yang di miliki dinding bata hebel atau celcon yaitu harga relatif lebih mahal, tidak semua tukang pernah memasang bata jenis ini, hanya toko bangunan besar yang menjual serta penjualannya dalam jumlah m3.

5. Dinding Partisi

Sesuai dengan namanya dinding partisi memang dikhususkan untuk sekat antar ruang. Karena di rancang sebagai sekat antara ruang satu dan yang lain, dinding ini memiliki desain konstruksi yang lebih praktis serta ringan dibanding dengan konstruksi dinding yang lain. Bahan partisi untuk dinding jenis ini termasuk bagus dan terjangkau. Sayangnya dinding ini tidak dapat digunakan untuk dinding luar (eksterior).

Ini disebabkan karena sifat bahannya yang kurang menjamin faktor keamanan dari gangguan luar. Disamping tidak cocok untuk konstruksi terbuka, dinding jenis ini juga tidak di desain untuk memikul beban yang berat. Dinding seperti ini kerap digunakan sebagai bahan penyekat ruangan, terutama di perkantoran. Bahan yang dipakai umumnya terdiri dari lembaran multiplek atau papan gipsum dengan ketebalan 9 sampai 12 mm. Dari segi beban terhadap bangunan, dinding partisi dapat diabaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Cart (0 items)

No products in the cart.