Jadwal Imsak dan Waktu Sholat Ramadhan 2021 – 1442 H

Jadwal Imsak dan Waktu Sholat Ramadhan 2021 – Anda dapat cek jadwal imsakiyah dan waktu sholat Ramadhan 2021 untuk daerah Semarang, Surabaya, Padang, Purwokerto, Makasar, Jogja, Jakarta, dan kota-kota besar lainnya di Indonesia lewat situs web Kementerian Agama atau Kemenag.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan keputusannya dalam menetapkan Ramadhan 1442 H yang jatuh pada Selasa, 13 April 2021 di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama Jln. MH Thamrin, Jakarta, dalam telekonferensi pers usai Sidang Isbat Awal Ramadan 1442H.

Setelah peserta sidang mendengarkan pelaporan hasil pemantauan hilal atau rukyat dan memperhatikan perhitungan hisab astronomis akhirnya keputusan ini diambil menurut Menag.

Data astronomis yang dilaksanakan pada 12 April 2021, saat matahari terbenam dan secara astronomis posisi hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk dengan kisaran antara 2 derajat 37 menit hingga 3 derajat 36 menit inilah yang kemudian dikonfirmasi. Pelaksanaan rukyat ini dilakukan pada 88 titik di 34 provinsi di Indonesia.

Ada 13 petugas rukyat yang menyampaikan kesaksiannya bahwa mereka melihat hilal di bawah sumpah hakim Pengadilan Agama menurut Menag.

Jadwal Imsakiyah dan Sholat Ramadhan 2021

Arti imsak sendiri secara bahasa adalah menahan. Namun yang dimaksud dengan imsak secara istilah puasa adalah menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa seperti jima, minum dan makan. Selain itu adapun Jadwal Imsakiyah yang menjadi kata-kata familiar di negeri kita saat ramadhan.

Jadwal imsakiyah sendiri juga umumnya banyak dipasang di tempat-tempat umum, rumah makan, musala, masjid, rumah, dan tempat tempat banyak lainnya. Pada informasi jadwal waktu-waktu sholat, biasanya pemerintah seperti Kementerian Agama akan menambahkan kolom jadwal imsakiyah.

Untuk mengumandangkan azan dalam setiap waktu salat hingga waktu berbuka puasa atau memasuki waktu magrib dan mengenai informasi memasuki waktu imsakiyah di bulan Ramadhan 1442 H, Jadwal imsakiyah inilah yang menjadi pedomannya.

Jadwal Imsak dan Waktu Sholat Ramadhan 2021 – 1442 H

Jadwal imsakiyah biasanya tertulis pada waktu 10 menit sebelum waktu sholat subuh. 10 menit itu dapat Anda gunakan untuk berwudhu dan bersiap-siap melaksanakan sholat Subuh ke mushala atau masjid dan dapat juga Anda gunakan untuk membaca Al-Qur’an. Berikut jadwal imsak dan waktu solat untuk beberapa kota besar :

1. Kota Jakarta

Jadwal Imsak dan Waktu Sholat Ramadhan 2021 Jakarta

Jadwal Imsakiyah Jakarta

2. Kota Purwokerto

3. Kota Semarang

4. Kota Yogyakarta

5. Kota Surabaya

6. Kota Makassar

7. Kota Padang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Cart (0 items)

No products in the cart.