Contoh Tanaman Hortikultura Untuk Rumahan

Contoh Tanaman Hortikultura Untuk Rumahan – Setelah kita membahas sedikit tentang budidaya tanaman hortikultura, mungkin Anda tertarik untuk menanam salah satu tanaman tersebut sendiri. Dalam hidup kita tentu akan sangat membutuhkan sayur dan buah dari tanaman, bila kita dapat menanam dan membudidayakannya sendiri tentu akan sangat membantu.

Contoh Tanaman Hortikultura

Contoh Tanaman Hortikultura Untuk Rumahan

Sebenarnya menanam tanaman hortikultura juga tidak berbeda dengan menanam jenis tanaman lainnya. Asalkan kita memberikan lingkungan yang sesuai dengan perawatan yang baik maka tanaman akan tumbuh dengan subur dan hasil panennya juga menguntungkan. Bila Anda tertarik membudidayakannya, berikut adalah beberapa contoh tanaman hortikultura yang bisa ditanam sendiri di rumah :

1. Berbagai Jenis Bawang

Bawang yang merupakan tanaman di daerah dengan iklim kering dengan sinar matahari yang cukup cocok untuk dijadikan tanaman rumahan. Tanaman ini juga mudah untuk dirawat, cukup dengan rutin melakukan penyiraman, perapian hingga penyiangan maka tanaman bawang dapat tumbuh dengan baik. Tanaman bawang bisa ditanam pada lahan yang kecil hingga di dalam polybag atau pot.

2. Tanaman Cabai

Tanaman cabai juga jenis tanaman pada lahan kering yang bisa Anda tanam sendiri di rumah, ketika harga cabai meningkat tentu dengan membudidayakannya sendiri bisa menjadi solusi. Meskipun termasuk jenis tanaman kering, namun pastikan untuk rutin melakukan penyiraman agar lahan tanam tidak terlalu kering.

Hal penting lainnya adalah pastikan pH tanah untuk tanaman sudah sesuai. Tanaman cabai dapat tumbuh dengan subur pada tanah dengan pH netral atau berkisar antara 6 – 7 pH. Anda bisa mengukur pH tanah tersebut menggunakan soil pH meter, dan apabila pH tanah terlalu asam segera lakukan pengapuran untuk menetralkan pH-nya.

3. Tanaman Tomat

Tomat juga merupakan jenis tanaman yang banyak dibudidayakan baik di perkebunan maupun di kalangan rumahan. Tomat yang kaya akan nutrisi banyak digunakan dalam masakan, pencuci mulut, jus bahkan untuk kebutuhan obat. Ada banyak jenis tomat yang bisa Anda budidayakan sendiri, namun pastikan Anda memilih jenis bibit unggul untuk ditanam.

4. Sayur Sawi

Tanaman sawi cocok ditanam di negara kita karena iklimnya sesuai, tanaman ini tahan terhadap hujan, cuaca panas dan cocok untuk ditanam di dataran tinggi maupun rendah. Sama halnya dengan tanaman lainnya, dengan pengolahan lahan, penyiapan benih, penanaman, pemupukan hingga pemeliharaan yang baik maka akan tumbuh dengan subur.

5. Daun Pandan

Tanaman yang wangi dan berkhasiat ini mempunyai banyak kegunaan mulai dari bumbu masak, mengatasi sakit perut, menetralisir racun hingga mengusir bau tidak sedap. Karenanya tanaman pandan ini juga cocok untuk Anda tanam sendiri. Cukup sediakan sedikit lahan atau ditanam dalam pot maka Anda sudah bisa membudidayakannya.

6. Tanaman Kangkung

Tanaman kangkung sudah cukup populer untuk ditanam sendiri, kini tren penanaman kangkung adalah dengan cara hidroponik. Tanaman ini membutuhkan waktu sekitar 4 – 6 minggu untuk bisa dipanen. Anda bisa menanamnya menggunakan media bambu, baskom hingga pipa paralon untuk penanamannya. Pastikan untuk menggunakan pupuk yang sesuai agar tanaman kangkung dapat tumbuh dengan baik dan subur.

7. Tanaman Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya merupakan tanaman yang tidak membutuhkan banyak perawatan seperti halnya daun pandan. Cukup menaruhnya di tempat yang teduh namun tetap terkena sinar matahari dan dengan penyiraman yang cukup maka lidah buaya dapat tumbuh dengan baik. Lidah buaya juga mempunyai banyak manfaat mulai dari segi konsumsi, kesehatan hingga kecantikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Cart (0 items)
No products in the cart.