Ciri Daging Sapi Yang Baik

Ciri Daging Sapi Yang Baik – Daging sapi merupakan salah satu bahan pangan yang menjadi sumber protein hewani. Meskipun memiliki harga yang cukup mahal namun daging tidak pernah sepi peminat. Hampir semua orang pastilah menyukai makanan olahan dari bahan daging sapi.

Ciri Daging Sapi Yang Baik

Untuk mendapatkan manfaat dari daging sapi ketika dikonsumsi maka penting bagi kita untuk memilih daging yang segar dan sehat. Seringkali kita tertipu hanya dengan penampilan daging yang terlihat segar saja, namun sebenarnya kualitas dagingnya telah menurun.

Bila sampai memilih daging yang sudah rusak atau menurun kualitasnya justru dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Karenanya kita harus mengetahui ciri-ciri daging sapi yang masih baik. Ciri-ciri daging sapi yang masih baik adalah sebagai berikut :

Ciri Daging Sapi Yang Baik

1. Mempunyai aroma daging sapi yang khas

Selain masih harus dalam kondisi yang segar, daging yang masih baik juga harus mempunyai aroma khas daging. Pastikan aroma khas daging masih sangat terasa, jangan sampai membeli daging yang sudah mengeluarkan bau busuk. Karenanya Anda dapat mencium daging tersebut untuk mengetahui baunya, jangan beli daging yang berbau amis atau busuk. Meskipun bau ini hanya tercium sedikit sebaiknya hindari untuk membeli daging yang seperti itu.

2. Perhatikan warna daging

Ciri ciri daging yang baik selanjutnya adalah bisa dilihat dari warnanya selain dari aromanya. Daging sapi yang masih segar tentu warnanya akan berbeda dengan daging sapi yang sudah busuk. Daging sapi yang masih baik mempunyai warna merah segar, daging seperti ini tentulah masih baik dan layak konsumsi. Apabila daging mempunyai warna yang pucat atau kotor sebaiknya hindari untuk membelinya.

3. Perhatikan kadar air daging

Daging yang masih sehat juga dapat dilihat apakah daging terlihat berair atau tidak. Terkadang daging sapi mengeluarkan cairan merah seperti darah namun itu sebenarnya itu bukan darah. Cairan itu sebenarnya adalah sari daging sapi yang keluar, jadi pastikan daging sapi tidak terlalu berair.

kadar air daging

Umumnya kadar air dalam daging segar adalah sekitar 75%, namun dapat juga antara 65 – 80%. Tentu untuk dapat mengetahui nilai ini tidak dapat kita ketahui hanya dengan melihatnya saja. Kita dapat mengetahuinya dengan mengukurnya menggunakan alat ukur kadar air daging.

4. Perhatikan lemak pada daging sapi

Selain dari kadar airnya, daging sapi yang masih baik juga mempunyai tampilan yang agak mengkilap karena adanya lemak berwarna kekuningan. Jadi bila warna lemak daging sudah agak coklat pucat atau agak kering sebaiknya jangan membelinya. Ini bisa menjadi tanda bahwa daging sapi merupakan daging sisa hari sebelumnya yang tidak disimpan dengan baik.

Umumnya daging sapi yang masih segar dan baik mempunyai kandungan lemak sekitar  4,70 – 5,61% pada dagingnya. Sedangkan kandungan lemak ototnya sekitar  1,5 – 13%. Sama halnya dengan kadar air daging, kandungan lemak ini nilai pastinya dapat kita ketahui dengan mengukurnya. Kita bisa mengukur kandungan lemak ini menggunakan alat pengukur kadar lemak daging.

5. Perhatikan serat daging sapi

Ciri daging sehat selanjutnya adalah adanya serat-serat alami yang muncul pada daging sapi. Serat ini berupa serat halus yang mempunyai sedikit lemak, ciri ini dapat digunakan untuk memilih daging yang masih baik dan tidak. Ciri ini juga menandakan daging belum lama disimpan setelah proses penyembelihan.

6. Perhatikan tekstur daging sapi

Tekstur daging menjadi indikator kualitas daging selanjutnya untuk menentukan apakah daging masih layak dikonsumsi atau tidak. Daging sapi yang masih dalam keadaan baik akan mempunyai tekstur yang kenyal. Untuk mengujinya Anda dapat mencoba menekan daging sebelum membelinya. Hindari membeli daging yang sudah mempunyai tekstur lembek ketika Anda menekannya. Daging yang lembek itu artinya daging sudah dalam keadaan busuk.

7. Hindari daging sapi beku

Membeli daging dalam keadaan beku sebenarnya merupakan presepsi yang kurang tepat dalam membeli daging. Meskipun masih dalam kondisi baik, namun daging beku tingkat kesegarannya sudah berkurang. Bila terpaksa harus membeli daging beku maka pastikan Anda tidak membeli daging yang mempunyai bunga es di permukaannya. Hal ini menunjukkan bahwa daging telah disimpan dalam waktu yang cukup lama.

8. Bersertifikat Halal

Bila pedagang daging mempunyai sertifikat halal dari MUI dapat dipastikan ia memang dipercaya, profesional dan daging yang dijualnya halal. Jadi membeli daging sapi ke pedagang yang mempunyai sertifikat halal sangat dianjurkan untuk mendapatkan daging yang baik. Disarankan pula untuk membeli daging yang mempunyai label dari rumah potong hewan atau RPH.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Cart (0 items)
No products in the cart.