Budidaya Tanaman Hortikultura

Budidaya Tanaman Hortikultura – Tentu Anda pernah mendengar tentang hortikultura bukan, akan tetapi kebanyakan kita belum mengetahui apa itu hortikultura? Hortikultura sendiri merupakan cabang ilmu yang membahas segala hal tentang pertanian baik tanaman buah, sayur, obat hingga hias.

Budidaya Tanaman Hortikultura

Meskipun maknanya sangat luas tentang tanaman, namun tetapi sering kali pengertian ini menjurus pada jenis tanaman produksi komersial yang intensif saja. Produksi tanaman yang dihasilkan dari berkebun di rumah tentu akan sangat berbeda jumlahnya dengan pertanian maupun perkebunan. Akan tetapi segala macam budidaya akan saling berkaitan dengan bidang keilmuannya.

Manfaat Hortikultura

Tanaman hortikultura mempunyai banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh maupun perekonomian masyarakat, hal ini untuk jenis tanaman buah dan sayur serta tanaman obat. Secara garis besar, berikut manfaat yang diberikan oleh hortikultura :

1. Manfaat untuk petani

Bagi petani, tanaman hortikultura mempunyai nilai jual yang bagus dan dapat disebut sebagai usaha dalam peningkatan hasil pertanian. Dengan penanganan yang baik, hal ini juga bisa membantu meningkatkan devisa negara dengan mengembangkan produk pertanian unggulan.

2. Manfaat untuk masyarakat

Dengan hortikultura akan menyediakan bahan pangan yang sehat dan bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu hortikultura pada tanaman hias dapat digunakan sebagai terapi penghilang stress.

Budidaya Tanaman Hortikultura

Dalam budidaya tanaman hortikultura ada beberapa hal yang harus diperhatikan, berikut beberapa hal yang harus dilakukan dalam budidaya hortikultura :

1. Persiapan lahan

Persiapan lahan merupakan hal awal yang sangat penting untuk dilakukan, hal ini akan mempengaruhi hasil budidaya nantinya. Hasil budidaya ini akan sangat bergantung pada :

  • Jenis tanaman yang akan dibudidayakan baik dari ukuran hingga usia panen harus diketahui.
  • Teknik budidaya yang dilakukan seperti sistem hidroponik, organik hingga teknik konvensional.
  • Seberapa luas lahan yang digunakan dalam budidaya.

Dalam persiapan lahan dapat dilakukan menggunakan cara modern maupun konvensional, keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

2. Proses Pembibitan

Untuk mendapatkan tanaman yang akan dibudidayakan dilakukan dengan pembibitan atau perbanyakan tanaman. Pembibitan sendiri dapat dilakukan dengan cara generatif maupun vegetatif. Cara generatif dilakukan dengan menggunakan biji, sedangkan vegetatif dilakukan dengan campur tangan manusia seperti cangkok / stek.

3. Penanaman Bibit

Penanaman bibit dilakukan setelah proses pembibitan selesai dilakukan, penanaman sendiri umumnya dilakukan pada pagi maupun sore hari agar tidak terlalu panas.

4. Pemeliharaan Tanaman

Dalam budidaya tanaman hortikultura, pemeliharaan harus dilakukan secara ekstra baik pada proses pemupukan, penyiangan hingga pencegahan terhadap hama dan penyakit tanaman. Setiap jenis tanaman tentunya membutuhkan cara pemeliharaan yang berbeda.

5. Pemanenan

Tentu setelah proses yang panjang, proses panen tentu diharapkan akan memberikan hasil yang memuaskan. Namun kita harus mengetahui cara pemanenan yang benar, setiap jenis tanaman mempunyai teknik pemanenan yang berbeda.

Jenis Tanaman Hortikultura

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada beberapa jenis tanaman dalam budidaya hortikultura, yaitu :

1. Tanaman Sayur (Olerikultura)

Tanaman yang dibudidayakan untuk dikonsumsi ini sangat mudah kita temui sehari-hari, tanaman sayuran sendiri ada dua jenis yaitu sayuran tanam musiman dan tahunan.

2. Tanaman Buah (FurtiKultur)

Sama halnya dengan tanaman sayuran, tanaman buah juga umum dijumpai. Beberapa daerah di Indonesia juga menjadi sentra beberapa buah.

3. Tanaman Hias (Florikultura)

Tanaman hias merupakan tanaman yang dibudidayakan untuk dinikmati keindahan dan keunikannya saja, bukan untuk keperluan konsumsi. Seiring perkembangan zaman, tanaman hias juga semakin banyak diminati oleh pecintanya.

4. Tanaman Obat (Biofarmaka)

Tanaman obat digunakan untuk menyembuhkan penyakit, umumnya tanaman herbal yang digunakan sebagai obat minim atau bahkan tidak mempunyai efek samping. Selain untuk mengobati, tanaman obat juga dapat digunakan untuk mencegah penyakit.

Ciri-ciri Tanaman Hortikultura

Jenis tanaman yang satu ini mempunyai beberapa ciri-ciri yaitu :

  1. Dengan kandungan air yang cukup banyak, tanaman ini akan cepat rusak atau layu.
  2. Kondisi dan harga produk tanaman akan sangat dipengaruhi oleh tingkat kesegarannya.
  3. Produk tanaman baik sayuran dan buah memiliki kandungan vitamin yang lebih banyak dibandingkan karbohidratnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Cart (0 items)
No products in the cart.