Bahan Dapur Penyubur Tanaman

Bahan Dapur Penyubur TanamanAda banyak keuntungan yang bisa didapatkan apabila melakukan penanaman berbagai jenis tumbuhan di rumah. Apalagi saat ini ketika berada di tengah pandemi Corona. Selain dapat menghemat, hal ini juga dapat mengefisienkan Anda agar tidak perlu pergi ke pasar terlalu sering karena dirumah sudah bisa memetik sayuran sendiri. Selain itu, dengan adanya jenis tanaman tertentu juga dapat menyaring debu dan kotoran, serta dapat juga memurnikan udara sehingga akan mengurangi tingkat stres pada seseorang.

Bahan Dapur Penyubur Tanaman

Supaya tanaman tersebut dapat berfungsi dengan maksimal dan tumbuh secara subur, tentunya harus dilakukan perawatan dengan sebaik mungkin. Ternyata tumbuhan membutuhkan tiga nutrisi yang penting untuk bertahan hidup yang terdiri dari kalium, fosfor, dan nitrogen. Agar manfaat tersebut dapat terpenuhi, maka dapat dilakukan dengan cara memberi pupuk kimia yang dapat ditemukan dipasaran dengan mudah.

Apabila ingin menghemat dan memakai pupuk yang lebih alami, maka bisa menggunakan pupuk buatan sendiri di rumah yang dimana hanya membutuhkan bahan yang mudah. Bahan yang diperlukan tersebut beberapa diantaranya ternyata sering dibuang dan merupakan bahan yang dianggap sudah tidak berguna lagi.

Bahan Dapur Penyubur Tanaman

Maka dari itu, agar barang tersebut tidak terbuang dengan sia – sia, jadi lebih baik dimanfaatkan sebagai penyubur tanaman. Kira – kira apa saja ya bahan tersebut ? Yuk simak informasi selengkapnya pada ulasan berikut ini ya.

1. Penyedap Rasa

Berdasarkan dengan namanya, penyedap rasa ini dapat digunakan sebagai penambah cita rasa yang sedap pada masakan. Selain itu, penyedap rasa juga dapat dipakai sebagai penyubur tanaman.

Untuk cara penerapannya terbilang cukup mudah, yaitu hanya dengan menaburkan vetsin sedikit ke permukaan media tanam tersebut, lalu selanjutnya siram dengan menggunakan air sedikit demi sedikit hingga meresap sempurna. Lakukan pengulangan setiap lima hari atau seminggu sekali. Dengan menggunakan cara ini tanaman dapat bertumbuh menjadi lebih subur dan dapat berbunga indah.

2. Cangkang Telur

Apabila biasanya cangkang telur hanya dibuang begitu saja, namun perlu diketahui bahwa cangkang telur ternyata mengandung 93 persen kalsium karbonat yang dapat membantu pertumbuhan tanaman. Tidak hanya itu, cangkang telur juga terdiri dari 1% nitrogen yang dimana setengah persennya terdapat asam fosfat dan berbagai unsur lain yang dapat membuat pupuk menjadi pupuk organik terbaik.

Jika cangkang akan digunakan sebagai penyubur tanaman, maka diperlukan beberapa langkah yang harus dilakukan. Yang pertama yaitu cuci cangkang telur dan hancurkan hingga menjadi bubuk kasar, kemudian taburkan pada tanaman tersebut. Tidak hanya itu saja, cangkang telur tersebut juga bisa direbus dengan air selama beberapa menit. Lalu biarkan semalaman, jika sudah kering maka saring air rebusan tersebut dan masukkan kedalam botol semprot untuk disemprotkan secara langsung ke bagian tanah.

3. Kulit Pisang

Selain buah pisang enak dimakan, ternyata pisang juga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan. Namun belum banyak yang tahu bahwa ternyata pisang dapat memberikan dampak baik bagi tumbuhan. Hal ini disebabkan oleh kandungan kalium yang terdapat didalam buah pisang termasuk kulitnya.

Dengan demikian kulit pisang sangat baik untuk menyuburkan tanaman yang membutuhkan banyak kalium, salah satunya yaitu tanaman bunga mawar. Untuk menggunakan kulit pisang sebagai penyubur tanaman caranya cukup mudah yaitu ketika tanaman mawar tersebut tumbuh, maka kubur buah pisang atau kulitnya pada lapisan atas tanah. Dengan demikian mawar akan tumbuh subur karena tanaman tersebut mendapatkan kalsium yang cukup dari buah pisang ataupun dari kulitnya yang sudah ditanam.

4. Kulit Bawang

Bawang yang merupakan salah satu bumbu dapur ini ternyata memiliki beragai kandungan seperti kalsium, potasium, magnesium dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan bawang putih, kita bisa membuat berbagai jenis makanan dengan cita rasa yang lezat tentunya.

Namun biasanya lapisan kulit pada bawang ini akan kita buang karena dianggap tidak berguna, dan yang digunakan hanya lapisan bagian dalamnya. Sebenarnya, perlu diketahui bahwa kulit bawang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik untuk tanaman yang ada pada halaman rumah kita. Ternyata kulit bawang ini mengandung kalium yang dapat meningkatkan resistensi penyakit, pertumbuhan, batang serta membuat produktivitas yang lebih kuat.

Jika ingin mendapatkan manfaat tersebut, ada beberapa langkah mudah yang harus dilakukan, yang pertama yaitu ambil beberapa lembar kulit bawang lalu rendam ke dalam mangkuk yang sudah berisi air dalam durasi selama semalaman. Kemudian keesokan harinya, air rendaman tersebut dapat disiramkan pada tanaman yang ada di halaman rumah Anda.

5. Ampas Teh

Pada umumnya, setelah menyeduh teh biasanya ampas teh tersebut akan kita buang ke tempat sampah. Memang hal tersebut tidak salah, namun sebenarnya kita bisa memanfaatkan ampas teh tersebut untuk digunakan sebagai penyubur tanaman yang ada di rumah.

Ampas teh tersebut dapat digunakan sebagai pupuk organik, hal ini dikarenakan kandungan nitrat yang ada di dalamnya ternyata mudah diserap oleh tanaman. Bubuk teh bekas juga mengandung nutrisi dan asam tanat yang dimana ternyata dapat menciptakan lingkungan yang lebih subur untuk tanaman.

Tidak hanya itu, bahan yang satu ini ternyata juga dapat digunakan untuk meningkatkan kadar nutrisi dan juga kualitas pada tanah ketika terurai. Untuk mengaplikasikannya, caranya sangat mudah yaitu hanya perlu menyebarkan ampas teh di sekitar akar tanaman sambil membenamkannya sedikit kedalam tanah.

6. Ampas Kopi

Seperti halnya ampas teh, ternyata ampas kopi juga dapat dipakai sebagai penyubur alami pada tanah. Selain itu, ampas juga dapat digunakan untuk membantu mengasamkan tanah pada tanaman seperti blueberry, mawar dan tomat. 

Untuk cara pengapliaksiannya cukup mudah yaitu cukup denganmenaburkan ampas kopi tersebut ke dalam pot tanaman. Cara lain yang dapat digunakan yaitu dengan merendam enam cangkir bubuk kopi bekas selama satu minggu untuk menjadikannya sebagai pupuk organik.

7. Agar-Agar

Biasanya agar-agar digunakan sebagai kudapan dan berfungsi untuk melancarkan pencernaan, namun ternyata kegunaan lain dari agar agar ini dapat digunakan sebagai penyubur tanaman. Perlu diketahui ternyata agar-agar bisa dijadikan sebagai sumber nitrogen yang bagus untuk tanaman. Agar – agar ini terbuat dari bahan dasar rumput laut yang mengandung elemen jejak, sehingga agar – agar dapat menjadi sumber makanan bagi mikroba tanah.

Lalu untuk pengaplikasiannya sebagai pupuk alami, ternyata tidak sulit. Hal yang perlu dilakukan pertama kali yaitu larutkan satu bungkus agar-agar ke dalam air panas lalu tambahkan tiga gelas air dingin. Apabila sudah selesai, maka tuang larutan tersebut ke tanah yang ada disekitar tanaman dalam jangka waktu yang rutin, setidaknya sebulan satu kali. Dengan demikian tanaman tersebut akan tumbuh dengan baik dan subur seiring berjalannya waktu.

8. Ampas Kelapa

Belum banyak yang tahu bahwa ternyata ampas kelapa dapat digunakan sebagai pupuk organik untuk tanaman. Berdasarkan penelitian, bahwa ternyata ampas kelapa memiliki kandungan kadar protein dan lemak kasar yang cukup tinggi, yang dimana kandungan tersebut dapat membantu tanaman menjadi lebih subur dan mempercepat tanaman untuk berbunga dan berbuah. Untuk pengaplikasiannya, caranya cukup mudah yaitu hanya dengan memanfaatkan sisa limbah perasan kelapa yang sudah tidak dipakai untuk dijadikan sebagai pupuk pada tanaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Cart (0 items)

No products in the cart.