Bagian Daging Tanpa Lemak

Bagian Daging Tanpa Lemak – Seringkali bahan pangan berupa daging dianggap sebagai makanan yang kurang sehat karena mengandung lemak jenuh. Padahal daging merupakan sumber protein hewani yang baik, namun kandungan lemaknya sering dikhawatirkan meningkatkan kolesterol darah.

Bagian Daging Tanpa Lemak

Bila Anda ingin tetap mengkonsumsi daging tanpa harus khawatir akan kandungan lemaknya, daging tanpa lemak atau rendah lemak bisa menjadi solusinya. Jenis daging ini mempunyai kandungan lemak yang sangat sedikit, karenanya jenis daging ini merupakan daging yang paling sehat.

Kenapa harus daging tanpa lemak atau daging rendah lemak?

Perbedaan daging jenis ini dengan daging biasa adalah pada kandungan kalori yang terdapat di dalamnya. Untuk memudahkannya, setiap 1 gram lemak mengandung 9 kalori dan setiap 1 gram protein mengandung 4 kalori. Jadi dengan mengkonsumsi daging tanpa lemak atau daging rendah lemak maka jumlah kalori bisa dibatasi.

Karenanya dengan mengkonsumsi jenis daging ini Anda bisa mendapatkan asupan protein yang cukup sambil menjaga asupan kalori tetap rendah. Daging ini juga baik dikonsumsi untuk Anda yang sedang menjalani program diet atau membentuk tubuh Anda.

Bagian Daging Tanpa Lemak Contohnya

Setiap bagian dari tubuh hewan baik sapi maupun kambing mempunyai kandungan lemak yang berbeda-beda. Bisa jadi kandungan lemak pada satu bagian sangat tinggi namun pada bagian lain bisa rendah. Bila Anda ingin mengkonsumsi daging sapi maupun kambing yang rendah lemak pilihlah bagian-bagian berikut ini :

Bagian daging sapi tanpa lemak

Ada beberapa bagian dari sapi yang dagingnya mengandung sedikit lemak yaitu :

  • Round

Round merupakan potongan penutup yang kandungan proteinnya tinggi dibandingkan lemaknya. Setiap 100 gr bagian ini mengandung 28 gr protein, bagian ini sering dimasak menjadi steak.

  • Silverside

Potongan silverside juga sering disebut gandik dan mengandung banyak vitamin B2. Bagian ini baik dikonsumsi sebelum berolahraga.

  • Rump

Rump merupakan potongan bagian paha belakang atau tanjung. Bagian ini banyak mengandung zat besi dan seng.

  • T-bone

Potongan t-bone sering disebut dengan tulang T merupakan bagian daging sapi yang mengandung manfaat kolesterol baik.

  • Chuck

Bagian chuck merupakan bagian leher atau pundak sapi, bagian ini baik untuk menunjang kesehatan otak. Untuk mendapatkan manfaat tersebut haruslah dari sapi yang mengkonsumsi rumput bukan gandum. Konsumsi rumput akan membuat bagian ini mengandung asam lemak omega-3, omega-6 dan omega-9.

Bagian Daging Kambing Tanpa Lemak

Ada beberapa bagian dari kambing yang dagingnya mengandung sedikit lemak yaitu :

  • Punggung kambing

Bagian daging kambing yang rendah lemak pertama adalah bagian punggungnya, bagian ini kaya akan protein dan zat besi.

  • Bahu kambing

Bahu kambing banyak mengandung protein, kalium dan zat besi, selain itu bagian ini juga mengandung natrium alami.

  • Kaki kambing

Bagian kaki kambing juga termasuk lemak rendah dengan kandungan nutrisinya seperti kalium, protein dan zat besi.

Lemak Daging Sapi

Meskipun ada bagian yang mengandung kadar lemak yang rendah, namun secara umum daging sapi mengandung lemak sekitar 7,72 gram setiap 100 gramnya. Sedangkan pada takaran yang sama kandungan kolesterolnya adalah sekitar 80 miligram. Selain lemak dan kolesterol, daging sapi juga mengandung 2,24 gram zat besi pada takaran yang sama.

Lemak Daging Kambing

Daging kambing memang terkenal mengandung kadar lemak tinggi, akan tetapi secara umum kandungan lemak pada setiap 100 gramnya adalah sekitar 3,03 gram. Sedangkan kandungan kolesterolnya sekitar 75 miligram dengan kandungan zat besinya sekitar 3,73 gram.

Cara mengetahui kandungan lemak dalam daging

Setelah kita tahu kandungan lemak dalam daging sebesar itu pada setiap 100 gramnya, lantas bagaimana cara kita mengetahuinya ketika akan membeli daging. Kandungan lemak dalam daging yang akan kita beli tentu tidak dapat kita ketahui hanya dengan melihat dagingnya saja. Namun cara yang paling mudah adalah dengan membeli daging dalam kemasan yang biasanya ada di supermarket. Biasanya pada kemasannya akan dicantumkan kandungan nilai gizinya termasuk lemaknya.

Namun untuk mengetahui jumlah pastinya kita harus melakukan pengujian terhadap daging tersebut. Namun tentu ini akan menyita banyak waktu dan biaya, akan tetapi kita bisa mengetahuinya secara mudah dengan mengukurnya.

Anda dapat mengukur kadar lemak dalam daging menggunakan alat ukur kadar lemak daging Tipe MFM 1092 dari CV. Java Multi Mandiri. Alat ini mampu mengukur kandungan lemak dengan tingkat akurasi yang baik. Dalam industri pengolahan daging tentu alat ini akan sangat berguna dalam menguji kualitas daging dari pengukuran kadar lemaknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Cart (0 items)
No products in the cart.